Malut United, Klub Baru yang Menggebrak Sepak Bola Indonesia dengan Bangun Stadion Sendiri

Malut United, Klub Baru yang Menggebrak Sepak Bola Indonesia dengan Bangun Stadion Sendiri
info gambar utama

Malut United hadir sebagai klub pendatang baru di sepak bola Indonesia. Klub asal Maluku Utara ini bikin gebrakan dengan membangun stadion milik sendiri.

Malut United akan berkompetisi di Liga 2 2023-2024 yang merupakan kompetisi sepak bola profesional level kedua Indonesia. Klub ini dibentuk dengan mengakuisisi Putra Delta Sidoarjo yang telah lebih dulu berada di Liga 2.

Persiapan telah dilakukan Malut United untuk menyambut Liga 2. Klub ini pun sudah punya skuad untuk bersaing dengan lawan-lawannya. Menariknya, skuad ini berisikan banyak pemain yang namanya tak asing di kancah persepakbolaan papan atas Tanah Air.

Ya, Malut United punya pemain-pemain kawakan dengan pengalaman bermain di klub-klub top. Boleh dibilang, ini membuat skuad Malut United jadi termasuk mentereng jika dibandingkan para pesaingnya di Liga 2.

Beberapa pemain tersebut di antaranya adalah Joko Ribowo, Hari Nur Yulianto, dan Bagus Nirwanto. Ada pula mantan pemain Timnas Indonesia seperti Ilham Udin Armayn dan Hendra Bayauw. Selain pemain top nasional, Malut United juga punya dua pemain asing, yakni Derick Sasraku dari Ghana dan Mukhammad Isaev dari Uzbekistan.

Soal pelatih, Malut United tak ketinggalan merekrut nama top. Adalah Imran Nahumarury yang diplot sebagai pelatih kepala. Seperti diketahui, Imran yang juga mantan pemain top sebelumnya adalah eks pelatih PSIS Semarang dan PSIM Yogyakarta.

Di Liga 2 2023-2024, Malut United tergabung di Grup 2 bersama Bekasi City, Nusantara United, Perserang, Persikab, PSIM, dan PSKC. Mereka harus melakoni laga berformat kandang-tandang dan finis di posisi tiga besar agar berhak lolos ke babak berikutnya.

Resmi! Pegadaian Jadi Sponsor Utama Liga 2, Kompetisi akan Bergulir dalam Waktu Dekat

Bangun Stadion Sendiri

Skuad mentereng berisi pemain top bukan satu-satunya hal menarik dari Malut United. Mereka juga bikin gebrakan dengan membangun stadion sendiri.

Sebagaimana diketahui, klub sepak bola di Indonesia biasanya menyewa stadion milik pemerintah untuk menggelar laga kandang. Dengan demikian, Malut United akan menorehkan sejarah baru apabila stadion milik mereka sudah tuntas dibangun dan bisa digunakan.

Pembangunan stadion yang diberi nama Malut United Arena itu sendiri sudah dimulai sejak Agustus 2023 lalu. Lokasinya berada di Desa Kusu, Sofifi, Tidore Kepulauan.

Dalam desain yang dipublikasikan pihak klub, tampak Malut United Arena punya bentuk yang modern. Tanpa lintasan atletik, stadion ini dibangun di lahan seluas 6 hektare dan bisa menampung 20 ribu penonton.

"Arena ini dia mengambil model arena d luar (negeri). Dalam hal ini di sekitar Eropa dan khususnya Turki." ujar General Manager Malut United Zainudin Umangsangadji.

Bacuya, Si Badak Energik yang Meramaikan Piala Dunia U-17 2023

Referensi:

  • https://www.youtube.com/watch?v=8BPKDoeVDAc&ab_channel=MALUTUNITEDFC

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini