Resmi! Pegadaian Jadi Sponsor Utama Liga 2, Kompetisi akan Bergulir dalam Waktu Dekat

Resmi! Pegadaian Jadi Sponsor Utama Liga 2, Kompetisi akan Bergulir dalam Waktu Dekat
info gambar utama

Setelah sempat diberhentikan usai terjadinya Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 silam, musim baru kompetisi sepakbola kasta kedua di Indonesia, yakni Liga 2 dipastikan akan segera dilangsungkan dalam waktu dekat.

Kepastian ini disampaikan setelah PSSI bersama PT LIga Indonesia Baru mengumumkan tajuk terbaru Liga 2 pada hari ini, Selasa 5 September 2023.

Kompetisi ini direncanakan akan dimulai pada 10 September 2023 dan berakhir pada 9 Maret 2024.

28 tim akan bersaing satu sama lain pada musim ini untuk memperebutkan tiket promosi ke Liga 1 yang menjadi kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Total akan terdapat 260 pertandingan yang akan diselenggarakan dalam semusim penuh kompetisi Liga 2 untuk musim 2023/2024.

Baca juga: Bacuya, Si Badak Energik yang Meramaikan Piala Dunia U-17 2023

Pegadaian Liga 2

Sponsor utama kompetisi Liga 2 pada musim ini juga diumumkan oleh PSSI dan PT LIB ketika menyampaikan tajuk terbaru pada hari ini.

Pegadaian akan menjadi sponsor resmi pada musim ini dan mengubah tajuk kompetisi kasta kedua ini menjadi "Pegadaian Liga 2".

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menyampaikan rasa terima kasih kepada Pegadaian yang bersedia untuk menjadi sponsor resmi kompetisi Liga 2 pada musim ini.

Mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut berharap dengan kembali bergulirnya kompetisi Liga 2 bisa memberikan manfaat bagi semuanya.

"Liga 2 sempat terhenti pada musim lalu dan hari ini diumumkan akan bergulir lagi. Terima kasih kepada PT Pegadaian atas kepeduliannya kepada kompetisi Liga 2 2023/24. Semoga bisa memberikan manfaat bagi semuanya," ucap Ferry Paulus, seperti yang dikutip dari Ligaindonesiabaru.com.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut bersyukur kompetisi Liga 2 akhirnya bisa kembali bergulir pada musim ini.

Zainudin Amali juga memberikan apresiasi khusus terhadap pihak-pihak yang ikut berkontribusi dalam persiapan bergulirnya kompetisi Liga 2.

"Kami bersyukur, hari kami bisa mengumumkan kegiatan yang ditunggu masyarakat Indonesia. Semua telah bekerja keras dan PT Pegadaian telah menjadi sponsornya serta Emtek Group yang menyiarkannya. PSSI menyampaikan apresiasi kepada semuanya. Ini berhubungan erat dengan rencana jangka panjang PSSI," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan menyampaikan rasa bangga bisa ikut serta dalam keberlangsungan kompetisi Liga 2 pada musim ini.

Damar Latri Setiawan menyampaikan bahwa ajang sepakbola bisa menjadi sarana edukasi dan literasi tentang produk dan layanan Pegadaian agar bisa lebih diketahui oleh masyarakat luas.

"Suatu kebanggaan bagi Pegadaian dapat ikut serta dalam perhelatan olahraga sepak bola Liga 2 2023/2024 kali ini. Sebagai perusahaan jasa keuangan yang dekat dengan masyarakat, Pegadaian ingin menunjukkan komitmen perusahaan untuk mendukung olahraga sepak bola di tanah air beserta ekosistemnya," kata Damar.

Baca juga: Legenda Persib dan Borussia Dortmund Berlaga, Ada Robby Darwis hingga Roman Weidenfeller

Format Kompetisi

Dikutip dari Ligaindonesiabaru.com, Liga 2 akan menggunakan format kompetisi yang berbeda dengan yang diterapkan pada Liga 1 pada musim ini.

Jika Liga 1 menerapkan kompetisi penuh dalam satu klasemen yang sama, Liga 2 akan dibagi menjadi empat grup berbeda tergantung wilayah masing-masing tim.

Setiap grup nantinya akan dihuni oleh tujuh tim, yakni.

Grup 1: Persiraja Banda, PSMS Medan, PSDS Deli Serdang, Sada Sumut FC, Semen Padang FC, PSPS Riau, Sriwijaya FC.

Grup 2: FC Bekasi City, Malut United FC, PSKC Cimahi, Persikab Kab. Bandung, Nusantara United, PSIM Yogyakarta, Perserang Serang.

Grup 3: Persijap Jepara, Persipa Pati, Persekat Tegal, PSCS Cilacap, PS Deltras Sidoarjo, Gresik United, Persela Lamongan.

Grup 4: Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, Persipal Babel United, Sulut United, PSBS Biak, Persipura Jayapura, Persewar Waropen.

Baca juga: Final Piala AFF U-23 2023, Panggungnya Ernando Ari Sutaryadi bersama Timnas U-23 Indonesia

Tiga tim teratas pada setiap grup akan melaju ke babak 12 besar.

Sementara itu, empat tim terbawah akan bermain di babak play-off degradasi.

Untuk babak play-off degradasi, setiap tim nantinya akan terbagi dalam 4 grup.

Dua tim terbawah pada masing-masing grup akan terdegradasi, sehingga akan ada delapan tim yang akan turun kasta ke Liga 3 pada musim ini.

Pada babak 12 besar, setiap tim yang lolos akan dibagi menjadi 3 grup.

Masing-masing juara grup ditambah satu runner up terbaik akan melaju ke babak semifinal kompetisi Liga 2.

Setiap tim yang berhasil menang pada babak semifinal ini nantinya akan lolos ke babak final, sekaligus mengunci satu tempat promosi di Liga 1 musim depan.

Sementara itu, satu tiket promosi lainnya akan diperebutkan oleh dua tim yang kalah pada babak semifinal.

Total akan ada tiga tim dari Liga 2 yang berkesempatan untuk promosi dan tampil di Liga 1 Indonesia pada musim berikutnya.

Sumber referensi:
- https://ligaindonesiabaru.com/press/detail/resmi--pegadaian-liga-2-2023-24-segera-bergulir
- https://ligaindonesiabaru.com/press/detail/dihelat-mulai-10-september--lib-sampaikan-format-kompetisi-liga-2-2023-24

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini