Final Piala AFF U-23 2023, Panggungnya Ernando Ari Sutaryadi bersama Timnas U-23 Indonesia

Final Piala AFF U-23 2023, Panggungnya Ernando Ari Sutaryadi bersama Timnas U-23 Indonesia
info gambar utama

Ernando Ari Sutaryadi menampilkan aksi apik di final Piala AFF U-23 2023. Laga itu seakan jadi panggung bagi aksi-aksi ciamiknya.

Piala AFF U-23 2023 telah usai. Laga final yang mempertemukan Timnas U-23 Indonesia dan Vietnam pun sudah dihelat di Rayong Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

Hasilnya, Indonesia kalah lewat adu penalti. Kendati demikian, para pemain Garuda Muda sebetulnya tampil bagus. Indonesia mampu bermain dengan solid dalam bertahan sekaligus tajam dalam menyerang, yang mana utamanya ini bisa dilihat dari banyaknya peluang yang tercipta.

Oleh karena itu, Indonesia kalah dengan kepala tegak. Perjuangan para pemain pun diapresiasi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Saya terharu karena dengan pemain yang hanya tersisa 16 orang kita mampu berjuang hingga keringat dan menit terakhir. Hasil memang belum berpihak pada kita, tapi saya optimistis kejuaraan ini akan menjadi bekal motivasi serta mental bagi pemain untuk semakin baik lagi," ujar Erick seperti dilansir laman resmi PSSI.

Di antara pemain-pemain Indonesia yang tampil dalam laga semalam, Ernando Ari Sutaryadi boleh dibilang adalah yang paling bersinar. Bagaimana tidak, rentetan aksi pemain berposisi kiper itu berkali-kali menyelamatkan Indonesia dari kebobolan.

Piala Dunia FIBA 2023 Dimulai, Dunia Melihat Megahnya Indonesia Arena!

Panggung Aksi Ernando

Ernado merupakan kiper kelahiran Semarang, 27 Februari 2002 yang jadi andalan utama Indonesia di Piala AFF U-23 2023. Ia diikutsertakan bersama dua kiper lain, Daffa Fasya, dan Nuri Agus Wibowo.

Tak berlebihan jika final Piala AFF U-23 2023 disebut sebagai panggungnya Ernando. Mulai dari waktu normal hingga babak perpanjangan waktu, penyelamatan demi penyelamatan dilakukannya demi menghalau bola yang meluncur ke arah gawang Indonesia.

Setidaknya ada tujuh sampai penyelamatan yang dilakukan Ernando. Aksinya yang paling krusial terjadi pada menit ke-31 saat Vietnam mendapat hadiah penalti setelah pemainnya dilanggar Alfreanda Dewangga. Nguyen Quoc Viet yang bertindak eksekutor harus merelakan melihat bola tendangannya ke diblok Ernando ke arah kiri.

Agaknya tak salah jika pelatih Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Ernando untuk menjaga gawangnya. Selama ini, Ernando telah menampilkan aksi ciamiknnya sepajang AFF U-23 2023.

Sejak awal turnamen, ia selalu dipercaya menjadi starter yang menempati pos kiper. Sampai di final, Ernando pun dimainkan sejak menit pertama.

Sayang, nasibnya apes. Setelah tampil apik dan menjadi pahlawan bagi Indonesia selama waktu normal dan perpanjangan waktu, Ernando kurang beruntung di adu penalti. Saat Vietnam mendapat giliran menendang, ia selalu bisa menebak arah bols dengan tepat, namun tak mampu memblok. Begitu tiba gilirannya menendang bola pun bola tidak masuk ke gawang.

Kendati demikian, peran Ernando di final tetap diapresiasi oleh pendukung Indonesia. Lewat media sosial, banyak yang tetap memujinya atas aksi-aksi krusial yang dilakukannya demi menjaga gawang Indonesia.

Sang Jagoan Asia: Aksi Petarung MMA Indonesia Berbuah Medali di AMMA Championship 2023

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/erick-thohir-bangga-dengan-perjuangan-keras-pemain



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini