Sang Jagoan Asia: Aksi Petarung MMA Indonesia Berbuah Medali di AMMA Championship 2023

Sang Jagoan Asia: Aksi Petarung MMA Indonesia Berbuah Medali di AMMA Championship 2023
info gambar utama

Indonesia menorehkan prestasi di kancah bela diri campuran alias mixed martial arts (MMA) dengan memboyong medali dari 1st Asian Mixed Martial Arts (AMMA) Championship 2023.

MMA dewasa ini menjadi bela diri yang boleh dibilang populer. Brittanica mencatat bahwa. MMA merupakan seni olahraga pertarungan yang menggabungkan teknik, mulai dari tinju, gulat, judo, jujitsu, karate, Muay Thai, dan lainnya. Banyak pula ajang MMA yang dikenal luas, baik itu yang berskala nasional seperti One Pride MMA atau yang berskala internasional seperti ONEFC.

Di level Asia, ada turnamen bertajuk AMMA Championship 2023. Ini merupakan ajang MMA yang diorganisir oleh Asian Mixed Martial Arts Association di mana para petarung terbaik dari berbagai negara Asia bertemu. Ajang ini digelar di Bangkok, Thailand pada 18-20 Agustus 2023.

Petarung Indonesia tak ketinggalan beraksi di turnamen tingkat benua ini. Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia (PB Pertacami) selaku badan yang membawahi olahraga MMA di Tanah Air pun mengirimkan tujuh atlet ke AMMA Championship 2023. Mereka terdiri dari lima petarung putra dan dua putri yang mengikuti nomor MMA tradisional dan modern.

Hasilnya, prestasi ciamik berhasil diraih. Indonesia mampu memboyong empat medali dari AMMA Championship 2023 yang terdiri dari satu medali perak dan tiga medali perunggu.

Petarung yang menyumbang medali perak bagi Indonesia adalah
Meydelse Sitepu yang turun pada nomor MMA Modern kelas 60 Kg. Petarung putri itu berhadapan dengan Feng Xiao Chen dari China, namun harus menerima kekalahan TKO.

Sementara itu, tiga medali perunggu disumbangkan oleh Hariandja Saputra Hamonangan (MMA tradisional kelas 96Kg), serta Kaleb Putra Salem Siregar dan Toni Christian Hutapea (MMA modern kelas 56Kg).

Berkat Wushu, Indonesia Bawa Medali dari The FISU World University Games 2021

Bangga meski Tanpa Medali Emas

Dari empat medali Indonesia di AMMA Championship 2023, tak ada yang berupa medali emas. Meski demikian, hal itu tetap tidak mengurangi rasa bangga dan gembira atas pencapaian para petarung Indonesia.

"Saya bangga tim nasional MMA Indonesia berhasil masuk dalam nominasi 8 tim terbaik Asia. Di pertandingan kali ini, walaupun kami belum dapat mempersembahkan medali emas, tapi kami buktikan tim Indonesia bisa masuk dalam top 8 tim terbaik Asia dari total 19 negara peserta (1 medali perak dan 3 perunggu). Ini prestasi terbaik atlet MMA Indonesia," ujar Ketua Umum PB Pertacami Tommy Paulus Hermawan seperti dilansir ANTARA.

Selain mampu meraih prestasi terbaik, petarung Indonesia juga mendapat pelajaran berharga dari keikutsertaan di AMMA Championship 2023.

"Walaupun kami gagal mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk kado HUT ke-78 RI, kami banyak belajar di kejuaraan Asia kali ini. Kami akan perbaiki teknik kuncian, mengikuti peraturan MMA Asia yang baru saja disosialisasikan. Diharapkan seluruh klub yang menaungi pembinaan prestasi cabang olahraga MMA di Indonesia dapat menyelaraskan peraturan baru dengan cepat," kata Manajer Timnas MMA Indonesia Pieter Taslim.

Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia

Referensi:

  • https://m.antaranews.com/berita/3692601/timnas-mma-indonesia-bawa-pulang-empat-medali-dari-kejuaraan-asia
  • https://www.britannica.com/sports/mixed-martial-arts



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini