Ikan Marlin Jadi Maskot Khas Kabupaten Pangandaran, Apa Alasannya?

Ikan Marlin Jadi Maskot Khas Kabupaten Pangandaran, Apa Alasannya?
info gambar utama

Setiap kota memiliki ikon atau maskot yang mewakili daerah tersebut, tidak terkecuali dengan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Ikon Kabupaten Pangandaran adalah ikan marlin biru atau blue marlin.

Dimuat dari Kompas, wisatawan akan mudah menemukan tugu ikan marlin di sejumlah titik. Salah satu lokasi tugu ikan marlin berada di depan Masjid Besar Al-Istiqomah di Jalan Pananjung Nomor 384, Pananjung Pangandaran.

Wisata di Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat, Ini Peran Komunikasi untuk Konservasi Alam

Lalu mengapa ikan ini menjadi maskot Pangandaran? Padahal ikan marlin bukan ikan khas Pangandaran. Nelayan mengaku cukup susah mendapatkan ikan marlin di perairan wilayah Pangandaran.

“Ada sebuah spirit filosofis dari ikan marlin tersebut. Walaupun memang belum tertuang atau dikukuhkan dalam sebuah keputusan berpayung hukum,” kata Aceng Hasim, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran yang dimuat Detik.

Ikan mandiri

Aceng mengungkapkan ikan marlin merupakan ikan predator yang bisa hidup secara mandiri. Ikan ini memiliki karakter yang lincah, senang melompat ke udara, atraktif, serta mandiri di habitat aslinya.

Hal ini diharapkan membuat Pangandaran menjadi daerah otonom baru yang mampu mandiri dengan masyarakatnya. Tidak lagi bergantung kepada daerah induk terdahulu yaitu Kabupaten Ciamis.

Pantai Batu Hiu Pengandaran, Tempat Wisata Hidden Gems yang Berbalut Legenda

Seperti diketahui Kabupaten Pangandaran merupakan sebuah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Ciamis pada 2012 lalu. Kabupaten Pangandaran memiliki semboyan Jaya Karsa Makarya Praja.

Jaya memiliki arti kemenangan atau unggulan, karsa berarti ide atau daya cipta yang selalu unggul. Makarya berarti mendirikan, membangun, mengerjakan dengan hasil indah, lalu praja yakni pembangunan berbasis rakyat.

“Kabupaten Pangandaran pun harus bisa melakukan lompatan-lompatan capaian pembangunan dengan program inovatif,” papar Aceng.

Tugu selamat datang

Tugu ikan marlin menjadi tugu selamat datang atau penyambutan bagi wisatawan yang berkunjung. Kabupaten Pangandaran terkenal dengan obyek wisata pantai yang indah, seperti Pantai Pangandaran dan lain-lain.

Hal yang menjadi andalan dari Pangandaran juga adalah produksi ikan. Termasuk para nelayan yang menggantungkan hidupnya di tengah laut. Mereka berharap bisa layaknya ikan marlin yang lincah dan mandiri.

Bukan Pantura, Tanggul Laut Jadi Pengaman Pantai Timur Pangandaran

Bani Sabaeni, salah seorang nelayan mengatakan ada rasa kebanggaan bila bisa menangkap ikan marlin. Karena saat terpancing, ikan ini akan memberikan perlawanan luar biasa, bergerak cepat ke segala arah.

“Istilahnya ikan idaman para pemancing. Saya pernah dulu strike marlin satu kali. Padahal ukurannya sebesar paha, tergolong masih kecil sih. Hampir satu jam saya tarik ulur, sebelum akhirnya dia menyerah,” katanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini