Berkat Wushu, Indonesia Bawa Medali dari The FISU World University Games 2021

Berkat Wushu, Indonesia Bawa Medali dari The FISU World University Games 2021
info gambar utama

Para atlet wushu Indonesia beraksi di The FISU World University Games 2021 dan berhasil meraih gelontoran medali.

Indonesia ambil bagian dalam ajang The FISU World University Games 2021 yang digelar di Chengdu, China sejak 28 Juli 2023 lalu. Ini adalah ajang multievent tingkat universitas namun berlevel dunia. Awalnya, ajang ini dijadwalkan digelar pada Agustus 2021, namun baru terselenggara tahun ini akibat terganjal pandemi.

Hasilnya, cabang olahraga wushu tampil begitu ciamik. Wushu tercatat menyumbangkan 7 medali di The FISU World University Games 2021. Rinciannya adalah 4 medali emas dan 3 perak.

Pencapaian itu terasa semakin spesial bagi wushu Indonesia. Sebab, wushu menjadi satu-satunya cabor yang mampu mempersembahkan medali bagi Indonesia di The FISU World University Games kali ini.

Atlet yang menyumbang medali emas adalah Nandhira Mauriskha dengan raihan dua medali dari nomor taolu. Kemudian, ada pula Tharisa Dea Florentina dan Laksmana Pandu Pratama dari nomor sanda yang masing-masing menyumbangkan satu medali.

Sementara itu, medali perak disunbangkan Edgar Xavier Marvelo (taolu) meraih dan Bintang Reindra Nada Guintara (sanda) yang masing-masing meraih dua dan satu medali.

"Saya apresiasi kesuksesan Timnas Wushu Indonesia menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak. Ini merupakan buah dari pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan yang dilakukan PB WI dalam upaya meningkatkan prestasi wushu Indonesia," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto.

Total, Indonesia mengirim 51 atlet dari 31 peruruan tinggi ke The FISU World University Games 2021. Dari ke-51 atlet tersebut, 8 di antaranya tampil di cabor wushu.

Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia

Menuju Asian Games 2023

Meski berhasil meraih prestasi cemerlang, para atlet wushu Indonesia tak bisa berleha-leha. Mereka diharuskan langsung bersiap menatap ajang berikutnya yang lebih besar, yakni Asian Games 2023.

Alhamdulillah dari atlet Sanda Indonesia mampu menyumbangkan 2 medali emas dan 1 perak bagi Kontingen Indonesia. Saya apresiasi penampilan mereka yang cukup banyak mengalami kemajuan baik fisik, teknik dan strategi sejak menjalani TC di China. Setelah ini, mereka akan kembali menjalankan program latihan dalam rangka menuju Asian Games 2023 Hangzhou," ujar pelatih Sanda Timnas Wushu Indonesia, Mukhlis.

Akan bersiapnya atlet wushu Indonesia dalam rangka menyambut Asian Games 2023 juga diakui oleh Tharisa Dea Florentina.

"Saya akan kembali konsentrasi menjalani program latihan untuk menghadapi persaingan ketat di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Dan, saya akan berusaha mempertahankan medali emas untuk kembali disumbangkan bagi Kontingen Merah Putih," beber mahasiswi Universitas Negeri Semarang itu.

Mengenal 5 Stadion Piala Dunia U-17 di Indonesia, Ada Sejarahnya!

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/3991/timnas-wushu-indonesia-sukses-sumbangkan-4-emas-dan-3-perak-di-ajang-the-fisu-world-university-games-2021

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini