Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia

Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia
info gambar utama

Indonesia punya prestasi ciamik di bela diri hapkido. Tak tanggung-tanggung, gelontoran medali didapat dari Kejuaraan Dunia.

Pernahkah Anda mendengar nama hapkido? Ini adalah bela diri asal Korea Selatan yang populer di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Banyak orang Indonesia yang mempraktikkan bela diri ini di samping bela diri asal Korea lainnya seperti Taekwondo dan Yong Moodo.

Menurut laman Hapkido Indonesia, nama hapkido diambil dari tiga karakter, yakni hap yang berarti "dikoordinasikan" atau " bergabung." Ki yang mencerminkan energi, semangat, atau kekuatan, serta do yang berarti "jalan" atau "seni." Dengan demikian, nama hapkido sering diartikan sebagai jalan mengoordinasikan energi, jalan kekuatan yang terkoordinasi, atau jalan harmoni.

Laman yang sama menyebut bahwa hapkido adalah seni bela diri sangat dinamis dan eklektik, alias
bersifat memilih yang terbaik dari berbagai sumber. Hapkido dipraktikkan yang memakai beragam teknik, mulai dari kuncian, bergulat, serta aneka jurus seperti tendangan, pukulan, lemparan, sabetan dan tusukan.

Hapkido juga tak hanya dipraktikkan selalu dengan tangan kosong. Ada pula aneka senjata yang bisa digunakan, misalnya pisau, nunchaku, hingga tongkat.

Naismith Trophy, Trofi Bola Basket Paling Bergengsi yang Kini Diboyong ke Indonesia

Berprestasi di Kejuaraan Dunia

Tim Hapkido Indonesia mengikuti kejuaraan terbuka 2023 Seoul World Hapkido Championship yang diselenggarakan World Hapkido Martial Arts Federation (WHMAF). Kejuaraan dunia tersebut digelar di Seoul, Korea Selatan.

Hasilnya sungguh ciamik. Indonesia total meraih 8 medali emas, 3 perak, dan satu perunggu.

"Selamat kepada para atlet yang telah berhasil mempersembahkan prestasi untuk Indonesia dari cabang olahraga hapkido. Saya sangat bangga bahwa tim hapkido Indonesia bisa berprestasi di negara asal hapkido, Korea Selatan," ujar Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, seperti diwartakan ANTARA.

Daftar atlet Indonesia peraih medali di 2023 Seoul World Hapkido Championship:

Medali emas: Sylvia Candra Kurniawan (Hyung Senior Putri), Rafi Rajendra dan Awabin Raihan Sofani (Hoshinsul Senior Putra), Michael Suryaputra dan Gallant Muhammad Raya (Hoshinsul Junior Putra), Keitshya Putri (Hyung Junior Putri), Benigno Christo Wijaya dan Adlia Nismara (Hyung Pair Junior), Michael Suryaputra (Mugihyung), Muhatta Hibbanu Mahdy (Nakbop Junior), Cut Aaliya Saefatuddinsyah Arabella (Eksibisi under 72 senior putri)

Medali perak: Bagas Alam Putra dan Eduardus Abyasa Damian (Hoshinsul Junior Putra)​​​​​​​, Benigno Christo Wijaya (Hyung Junior Putra), Yohan Ari Arjoto (Daeryun Over 84kg Senior Putra)

Medali perunggu: Adlia Nismara (Hyung Junior Putri)

Mengenal 5 Stadion Piala Dunia U-17 di Indonesia, Ada Sejarahnya!

Referensi:

  • https://m.antaranews.com/berita/3663114/tim-hapkido-indonesia-raih-hasil-positif-pada-kejuaraan-dunia-di-seoul
  • https://hapkidoindonesiams.com/about

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini