Piala Dunia FIBA 2023 Dimulai, Dunia Melihat Megahnya Indonesia Arena!

Piala Dunia FIBA 2023 Dimulai, Dunia Melihat Megahnya Indonesia Arena!
info gambar utama

Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia telah dimulai. Turnamen bola basket paling prestisius di muka bumi itu sekaligus membuat dunia melihat megahnya Indonesia Arena.

Jumat (25/82023) jadi hari bersejarah bagi bola basket Indonesia. Pada hari itu, Indonesia mulai menggelar pertandingan Piala Dunia FIBA 2023.

Indonesia memang jadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 bersama dengan Filipina dan Jepang. Untuk menggelar pertandingan, Indonesia menyiapkan Indonesia Arena yang terletak di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, sebagai venue-nya.

Hari pertama Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia kemarin mempertemukan Latvia dan Lebanon yang tergabung di Grup H pada pukul 16.15 WIB. Setelahnya, digelar seremoni pembukaan yang dimeriahkan penyanyi Agnez Mo dan Gamaliel Audrey Cantika (GAC), serta kesenian tradisional berupa tarian dan ondel-ondel. Setelahnya, agenda dilanjutkan dengan duel Prancis versus Kanada pada pukul 20.30 WIB.

Prestasinya Diakui Dunia, Legenda Basket Indonesia Sonny Hendrawan Masuk FIBA Hall of Fame

Dunia Melihat Indonesia Arena

Dua laga perdana di Indonesia Arena berakhir dengan kemenangan 109-70 bagi Latvia dan 95-65 bagi Kanada. Digelarnya laga tersebut membuat dunia melihat megahnya Indonesia Arena.

Indonesia Arena merupakan sarana olahraga berupa stadion multifungsi yang baru selesai dibangun pada Juni lalu. Sejak awal, stadion ini memang disiapkan untuk menyambut Piala Dunia FIBA 2023.

Indonesia punya luas bangunan sebesar 50.300 meter persegi yang bisa menampung 16.088 penonton. Dengan dana pembangunan yang mencapai dana senilai Rp639 miliar, stadion ini juga dilengkapi berbagai teknologi canggih, misalnya tribune penonton yang dapat terlipat secara otomatis, serta jumbotron alias layar raksasa di empat sudut stadion.

Sebelumnya, Indonesia Arena sempat dipakai menggelar ajang Indonesia International Basketball Invitational sebagai permulaan jelang Piala Dunia FIBA 2023. Kini seiring dengan dimulainya Piala Dunia, tentu semakin banyak orang yang melihat megahnya Indonesia Arena, baik itu secara langsung maupun melalui siaran video.

Boleh dibilang Indonesia Arena adalah stadion indoor paling megah di negeri ini. Tak heran apabila kontestan Piala Dunia FIBA 2023 pun ikut memberi pujian. Adalah Pelatih Spanyol Sergio Scariolo yang melayangkan pujian itu.

"Arenanya sangat bagus, kami berharap penontonnya bisa penuh karena ini stadion yang sangat besar," kata Scariolo seperti dilansir ANTARA.

"Fasilitasnya fantastis. Mari berharap dan kita lihat berapa banyak penonton yang datang untuk menikmati pertandingan-pertandingan ini," ujarnya lagi.

Harapan Scariolo sebetulnya sudah terwujud dalam dua laga perdana di mana banyak penonton yang hadir. Hari ini, Sabtu (26/8/2023) giliran timnya yang berlaga di Indonesia Arena dengan menghadapi Pantai Gading. Akankah suporter Spanyol bakal membuat riuh Indonesia Arena? Kita saksikan saja.

Indonesia Arena, Stadion Indoor Multifungsi di GBK, Jakarta

Referensi:

  • https://m.antaranews.com/berita/3695403/pelatih-spanyol-indonesia-arena-sangat-besar-berharap-penonton-penuh
  • https://www.indonesiabasketball.or.id/news/presiden-jokowi-buka-fiba-world-cup-2023-agnez-bangga-tampil-di-opening-ceremony



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini