Pakaian Adat Pulau Rote dan Betawi Warnai Upacara Pembukaan Asian Games 2022

Pakaian Adat Pulau Rote dan Betawi Warnai Upacara Pembukaan Asian Games 2022
info gambar utama

Asian Games 2022 telah resmi dibuka. Upacara pembukaan pesta olahraga terbesar seantero Asia itu digelar di Hangzhou Olympic Sports Center Stadium, China, pada Sabtu (23/9/2023) malam waktu setempat.

Acara tersebut diramaikan oleh serangakaian atraksi yang memukau penonton. Presiden China Xi Jinping juga hadir memberikan sambutannya kepada audiens.

Seperti pembukaan ajang multievent pada umumnya, atlet dari setiap negara tak ketinggalan hadir. Indonesia pun menunjuk dua orang atletnya sebagai pembawa bendera di Hangzhou Olympic Sports Center Stadium. Mereka adalah Hernanda Zulfi dan Nandhira Mauriskha.

Keduanya tampil dengan mengenakan pakaian adat khas Indonesia. Hernanda mengenakan pakaian adat dari Pulau Rote, sementara Nandhira mengenakan baju kurung adat Betawi. Penampilan keduanya pun memberi warna tersendiri di pembukaan Asian Games 2022.

Pakaian adat Pulau Rote yang dikenakan Hernanda berupa kemeja putih yang dipadukan dengan bawahan kain tenun. Ada pula topi runcing yang disebut Ti'i Langga. Kemudian untuk pakaian adat Betawi Nandhira, wujudnya pakaian longgar dengan warna cerah.

Padel, Olahraga 'Kawin Silang' Bulu Tangkis, Tenis, dan Squash yang Akan Hadir di PON

Bangga dan Termotivasi

Hernanda merupakan atlet putra dari cabor voli. Di Timnas Voli Indonedia, Hernanda bukan sosok baru. Bukan kali ini saja ia membela Indonesia di ajang internasional. sebelumnya, Hernanda juga berkesempatan tampil di sejumlah ajang bergengsi.

Pada tahun 2023 ini, Hernanda turut memperkuat Indonesia di SEA Games 2023 yang berakhir dengan keberhasilan meraih medali emas. Pada 2022, ia juga ikut menyumbangkan medali emas SEA Games.

Di level klub, Hernanda bermain bagi Jakarta Bhayangkara Presisi. Ia pun tampil saat klub tersebut beraksi di Asian Men's Club Volleyball Championship 2022 di Bahrain.

Meski mengaku sedikit gugup, Hernanda bangga bisa terpilih sebagai pembawa bendera Indonesia di pembukaan Asian Games 2022.

“Iya Alhamdulillah yang pasti saya bangga banget bisa terpilih untuk menjadi pembawa bendera Indonesia mewakili kontingen. Rasa nervous pasti ada, tapi sedikit saja,” kata Hernanda.

Sementara itu, Nandhira Mauriskha adalah atlet putri dari cabor wushu. Seperti Hernanda, Nandhira juga berpengalaman dalam tampil mewakili Indonesia di ajang internasional.

Nandhira pernah membuat kejutan dengan performa apiknya di FISU World University Games 2021. Saat itu, ia berhasil meraih medali emas di nomor Changquan. Ia juga meraih medali perak di SEA Games 2021.

Nandhira pun menjadikan kesempatan tampil sebagai pembawa bendera di pembukaan Asian Games 2022 sebagai suntikan motivasi untuk meraih prestasi tertinggi.

"Pastinya kesempatan ini juga memotivasi saya untuk bisa memberikan hasil yang terbaik di Asian Games ini dan berharap bisa mengibarkan bendera Merah Putih di podium nanti,” ujar Nandhira.

Cheerleading, Olahraga yang Mampu Mengharumkan Nama Indonesia di Pentas Dunia

Referensi:

  • https://www.hangzhou2022.cn/En/presscenter/spotnews/latestnews/202309/t20230923_72383.shtml



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini