Cheerleading, Olahraga yang Mampu Mengharumkan Nama Indonesia di Pentas Dunia

Cheerleading, Olahraga yang Mampu Mengharumkan Nama Indonesia di Pentas Dunia
info gambar utama

Para cheerleader Indonesia punya prestasi yang membanggakan. Mereka mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Cheerleading merupakan perpaduan antara senam, tarian, dan aksi akrobatik menjadi rangkaian gerakan yang disertai suara sorakan. Para cheerleader dikenal sebagai pemberi dukungan kepada suatu tim olahraga di dalam pertandingan.

Perlu diketahui, cheerleading kini bukanlah sekedar penggembira dalam pertandingan olahraga lain. Cheerleading telah menjadi olahraga sendiri dengan aturan dan organisasi penaungnya sendiri sebagaimana layaknya olahraga pada umumnya.

Di Indonesia, olahraga cheerleading dinaungi oleh Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI). Organisasi ini juga menjadi bagian dari The International Federation of Cheerleading (IFC) dan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI).

Selama ini, turnamen dan kejuaraan cheerleading juga biasa digelar. Ada kejuaraan daerah dan nasional yang menjadi tempat para cheerleader Tanah Air beraksi.

Luar biasanya, ternyata cheerleading merupakan salah satu cabang olahraga di Indonesia yang mampu berprestasi di ajang internasional. Ini terbukti dalam Kejuaraan Dunia Cheerleading 2017 dan 2019 di mana Indonesia sukses meraih medali perak dan perunggu.

Tim Lari Trail Asal Depok Tampil Ciamik di Ajang Bergengsi Ultra-Trail du Mont-Blanc 2023

Kembali ke Kejuaraan Dunia

Pada tahun ini, cheerleading Indonesia akan tampil lagi di Kejuaraan Dunia Cheerleading yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Takasaki, Jepang, pada 23-26 November 2023 mendatang.

Para cheerleader di bawah naungan FCSI pun mempersiapkan diri untuk ajang tersebut. Target yang dipasang tak main-main, yakni kembali mendapat medali.

"Saat ini FCSI sedang mempersiapkan tim untuk mengikuti World Champhionship di Jepang. Kami menargetkan membawa medali," ujar Sekjen FCSI Ardiyansyah Djafar.

Ardiyansyah mengatakan pada 2017 dan 2019 silam, mereka sukses mendapatkan medali perak dan perunggu. Oleh karenanya, dalam kejuaraan tahun ini dia menargetkan FCSI mampu meraih sukses dan meraih medali.

"Saat ini FCSI sedang mempersiapkan tim untuk mengikuti World Champhionship di Jepang. Kami menargetkan membawa medali," lanjutnya.

Indonesia menuju Kejuaraan Dunia Cheerleading 2023 dengan menurunkan tim junior 1 a dan b dengan kategori usia 7-12 tahun, tim mix a dan b dengan kategori usia 12-17, dan tim all female dengan kategori usia 18 tahun ke atas.

Untuk itu, FCSI juga meminta dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Kedua pihak pun telah bertemu di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (10/8) lalu.

"Semoga nanti atlet yang bertanding bisa mendapatkan medali, karena kami ingin mempertahankan tradisi untuk bisa bawa medali. Kami sangat mengharapkan dukungan dari pak Menpora," lanjut Ardiyansyah.

Malut United, Klub Baru yang Menggebrak Sepak Bola Indonesia dengan Bangun Stadion Sendiri

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4033/menpora-dito-dukung-tim-cheerleading-indonesia-di-world-championship-2023-jepang
  • https://www.instagram.com/p/CvwjhbcvZM_/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini