Pokem Papua, Makanan Pokok Masyarakat Biak yang Tinggi Kandungan Gizi

Pokem Papua, Makanan Pokok Masyarakat Biak yang Tinggi Kandungan Gizi
info gambar utama

Pulau Papua merupakan wilayah yang kaya dan memiliki keanekaragaman hayati alami cukup lengkap, salah satunya pokem atau gandum papua. Makanan ini menjadi pengganti beras yang memiliki kandungan gizi.

Dimuat dari Antaranews, makanan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Numfor, Biak, Papua. Mereka sudah lama mengenal dan mengkonsumsi tanaman pokem sejak zaman kolonial Belanda.

Tradisi Egek, Kearifan Lokal Suku Moi Papua Berikan Alam Waktu Beristirahat

Masyarakat Biak Numfor percaya pokem berasal dari benua Amerika. Para tentara Amerika membawa pokem pada masa Perang Pasifik. Masyarakat setempat menduga, pokem tumbuh secara tidak sengaja di belakang dapur pemukiman tentara.

Penduduk lokal yang lewat melihat tumbuhan pokem tumbuh liar di tempat yang sebelumnya tidak pernah ada di Pulau Numfor. Dari situlah kemudian tumbuhan pokem ditanam dan tersebar hingga ke Biak.

Banyak diolah

Kuliner pokem/Budaya Indonesia
info gambar

Masyarakat setempat menyebut bagian tumbuhan pokem dengan bahasa lokal, yakni kor untuk batang atau jelai, mor untuk bulir pokem, dan kraf untuk isi bulir pokem. Pokem yang siap diolah adalah pokem yang berupa bulir-bulir.

Orang Biak menjadikan pokem sebagai makanan pokok alternatif pengganti keladi (talas), petatas (ubi jalar), singkong (ubi kayu), kacang hijau, sagu, albon (buah pohon bakau/mangrove), maupun beras.

Viral Lapangan Sepak Bola Tembagapura, Diklaim Terindah di Dunia

Bahan pokem Pulau Numfor diolah oleh warga setempat menjadi makanan pokok bagi ibu hamil. Makanan pokem tersebut dapat berfungsi sebagai karbohidrat untuk kebutuhan makanan bayi.

Keunggulan lain dari pokem, selain sebagai bahan baku makanan bagi manusia, juga sebagai bahan pakan ternak. Walaupun kebanyakan orang awam hanya mengenal sagu sebagai sumber makanan.

Budidaya pokem

Kuliner pokem/Budaya Indonesia
info gambar

Tanaman pokem atau jawawut (Setaria italica sp) merupakan sejenis tanaman serealia yang banyak dijumpai di Kepulauan Numfor. Karena itu budidaya tanaman pokem harus terus menerus dilakukan dinas terkait.

Pokem dapat tumbuh pada hampir semua jenis tanah, termasuk tanah subur, tanah kekeringan mudah dibudidayakan, umur panen pendek, dan kegunaannya beragam. Petani umumnya menanam jawawut dengan sistem tambur benih.

Eskalasi Kekerasan di Papua, Tantangan dan Upaya Perlindungan Hak Asasi Manusia

Jenis tanaman varietas gandum yang dibudidayakan oleh kelompok etnis di Papua, kecuali yang ada di Numfor dan Warkapi (Manokwari). Tanaman pokem meliputi lima generasi, yaitu Panicum, Setaria, Echinochloa, Pennisetum, dan Paspalum.

Budayawan Biak Ham Wambrauw mengatakan bahwa pokem tidak hanya sebagai pemenuhan sumber nutrisi, tetapi juga memiliki fungsi-fungsi sosial yang penting dalam kehidupan lokal Kepulauan Numfor.

“Makanan selalu menjadi sumber energi bagi bergeraknya suatu peradaban kompleksitas budaya dan keberlangsungan umat manusia,” ucapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini