Mengenal Bali Youth Plan, Kiprah Generasi Muda di World Water Forum ke-10 di Bali

Mengenal Bali Youth Plan, Kiprah Generasi Muda di World Water Forum ke-10 di Bali
info gambar utama

Bali Youth Plan yang mengakomodasi kiprah generasi muda dalam di World Water Forum (WWF) ke-10. Program untuk kaum muda ini menjadi bagian tak terpisahkan dari event internasional tentang air ini.

Acara puncak perhelatan global yang mengusung tema besar Water for Shared Prosperity (Air untuk Kesejahteraan Bersama) ini akan berlangsung pada 18—25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Namun serangkaian acara bagi generasi muda ini telah berjalan sejak tahun lalu.

Untuk memberikan gambaran bagaimana Forum Air Dunia 2024 di Indonesia ini memberikan kesempatan luas bagi partisipasi anak-anak muda, mari berkenalan lebih jauh dengan Bali Youth Plan.

World Water Forum 2024 ke-10, Peluang Besar Bagi Generasi Muda untuk Berperan Aktif
Linimasa Bali Youth Plan untuk generasi muda di World Water Forum (Forum Air Dunia) ke-10 di Bali
info gambar

Ikhtisar (Overview)

Bali Youth Plan dirancang sedemikian rupa dengan tujuan untuk mendorong keterlibatan generasi muda dalam unjuk kiprah yang selaras dengan gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Generasi muda yang diajak terlibat dalam berbagai kegiatan berkenaan dengan air ini adalah mereka yang berada dalam rentang usia 18 hingga 35 tahun, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari berbagai negara.

Keterlibatan anak-anak muda ini dilakukan untuk melibatkan mereka sebagai pemangku kepentingan yang setara dalam semua proses Forum Air Dunia ke-10. Para pemuda ini difokuskan pada kegiatan yang inklusi untuk berbagi informasi.

Tujuan (Objectives)

Bali Youth Plan diprogramkan untuk memberikan porsi memadai bagi generasi muda mengambil bagian dalam semangat penyelenggaraan acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Berikut beberapa aspek yang hendak dicapai melalui program ini:

  • Memastikan generasi muda menjadi bagian dari proses tematik, regional, dan politik sebagai koordinator sesi, pembicara, moderator, pelapor, dan lainnya
  • Memastikan aksi kaum muda di lapangan dan peluang partisipasi maksimal melalui berbagai kegiatan menjelang Forum Air Dunia ke-10
  • Mempromosikan ide-ide dan topik-topik inovatif oleh para pemimpin muda dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan air
  • Memastikan kesinambungan gerakan pemuda terkait air untuk konvensi internasional mendatang
  • Memanfaatkan tujuan-tujuan konkret dan pesan-pesan utama dari komunitas pemuda yang ditujukan kepada pemerintah, sektor swasta, komunitas air internasional, dan akademisi serta sorotan praktik terbaik, alat bagi aktor non-pemuda, tentang cara melibatkan lebih banyak anak muda
  • Posisikan generasi muda sebagai agen perubahan dan berikan inspirasi kepada lebih banyak generasi muda untuk mekukan aksi demi air
Mengenal Apa Itu 10th World Water Forum 2024 atau Forum Air Dunia ke-10 di Bali

3. Struktur Kerja (Working Structure)

Ada dua struktur kerja dalam Bali Youth Plan dalam melibatkan generasi muda untuk mendorong kiprahnya dalam event World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, yakni kelompok koordinasi dan kelompok kerja.

Kelompok koordinasi

Tim koordinasi bertugas melakukan perencanaan atas keterlibatan kaum muda di Forum Air Dunia ke-10, yang terdiri dari lima orang dari co-host. Peran dan tanggung jawab kelompok koordinasi adalah:

  • Memastikan pelaksanaan rencana keterlibatan pemuda secara umum pada Forum Air Dunia ke-10
  • Memastikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan utama dan proses partisipasi pemuda pada Forum Air Dunia ke-10
  • Bertanggung jawab atas komunikasi antara tuan rumah dan kelompok kerja untuk keterlibatan pemuda di Forum Air Dunia ke-10
  • Mengoordinasikan, memfasilitasi, dan memantau kegiatan dan tugas yang diberikan kepada kelompok kerja dalam keterlibatan pemuda di Forum Air Dunia ke-10

Kelompok kerja

Kelompok kerja dalam Bali Youth Plan ini merupakan perwakilan generasi muda utama yang dibentuk berdasarkan keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan diseminasi keterlibatan pemuda untuk Forum Air Dunia ke-10.

Kelompok kerja ini dipilih berdasarkan hasil konsultasi yang merujuk pada peran dan tanggung jawab kelompok inti:

  • Mendorong proses keterlibatan pemuda di Forum Air Dunia ke-10 dengan kelompok koordinasi
  • Memastikan partisipasi yang adil dan merata dari generasi muda di seluruh dunia
  • Menyebarkan pesan-pesan penting dan informasi kepada generasi muda di seluruh dunia
  • Menyelenggarakan pertemuan dan webinar terkait pembahasan deklarasi pemuda

Kriteria seleksi

Pemilihan anggota untuk kelompok kerja yang mengemban tanggung jawab atas Bali Youth Plan ini, melalui diskusi kolaboratif di antara para tuan rumah. Pada awalnya, tersusun daftar 39 organisasi kepemudaan.

Setelah mempertimbangkan prosedur yang diikuti dalam forum-forum sebelumnya dan berbagai kegiatan terakhir yang dipimpin oleh organisasi-organisasi yang mendukung pemuda atau inisiatif-inisiatif terkait pemuda, kelompok terakhir ini terdiri dari 27 organisasi pemuda.

10th World Water Forum 2024 Bali Bahas Tuntas Tema Air untuk Kesejahteraan Bersama

Kegiatan Utama pada setiap Proses

Kegiatan utama di level program Bali Youth Plan buat kaum muda ini meliputi tiga proses, yakni proses tematik, proses regional, dan proses politik.

Proses tematik

Mendasari tujuan utama keterlibatan generasi muda lebih inklusif dalam World Water Forum (Forum Air Dunia) ke-10, semua pemangku kepentingan diundang untuk menyampaikan minat mereka terhadap proses tematik.

Sejumlah organisasi kaum muda mendaftar lalu terpilih 12 organisasi untuk berpartisipasi. Pemilihan ini juga mempertimbangkan faktor asal organisasi (geografis).

Kelompok organisasi anak muda ini berperan aktif dalam proses diskusi mendalam terkait finalisasi uraian Subtema dan Topik yang telah dikembangkan kelompok kerja.

Selain itu, setiap subtema dan topik dijabarkan dalam topik sesi yang diprioritaskan dengan maksimal 15 sesi per subtema untuk dibahas selama periode forum.

Prioritas lintas sektoral antara topik dan subtema serta proses lainnya, diusulkan oleh masing-masing kelompok.

Pesan-pesan tematik yang disarankan untuk dipertimbangkan dalam proses politik, dibahas dan dibagikan selama sesi pleno. Setiap koordinator subtema akan menyelesaikan topik sesi dan topik lintas sektoral.

Proses regional

Untuk kepentingan Bali Youth Plan dalam World Water Forum (Forum Air Dunia) ke-10 ini, telah diluncurkan proses regional untuk kawasan Asia-Pasifik, Mediterania, Amerika, dan Afrika.

Masing-masing dari empat kelompok regional dan sub-regional bekerja sama terkait prioritas tematik regional pada setiap tantangan air regional dan isu-isu yang akan ditangani dalam kerangka forum.

Setiap wilayah membuat maksimal sepuluh prioritas air regional dan memberikan judul tentatif dari sesi regional untuk didiskusikan dengan pemangku kepentingan sub-regional untuk dikonfirmasikan.

Demikian juga masing-masing daerah, turut menyampaikan pesan dari sudut pandang prioritas air lokal dan regional.

Proses politik

Para pemangku kepentingan politik forum yang dipimpin co-host forum, WWC, dan pemerintah Indonesia membahas kerangka penting dan hasil yang diharapkan dari lima segmen proses politik dalam Bali Youth Plan.

Pertemuan persiapan diadakan di Paris pada minggu terakhir Januari untuk memulai pembicaraan seputar komitmen politik dengan para menteri, pejabat pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya termasuk kalangan muda.

Hal ini merupakan awal dari dialog politik yang diselenggarakan dan dilaksanakan pada rapat konsultasi pemangku kepentingan ke-2 pada Oktober 2023 di Bali.

Selama dialog, para peserta menyoroti komitmen politik yang kuat sebagai hasil dari berbagai segmen. Selain itu, para pemangku kepentingan mengakui pentingnya agenda air global dan pencapaian komunitas air.

Mereka sepakat bahwa proses politik adalah untuk menegaskan kembali pentingnya inklusivitas para aktor, hasil diskusi yang konkret, dan tindak lanjut para aktor politik mengenai prioritas air lokal, regional, dan global.

Kegiatan Remaja Lainnya

Demikianlah proses bagaimana Bali Youth Plan yang memberi kesempatan bagi kiprah generasi muda berlangsung untuk World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 yang dipimpin oleh dewan air dunia dan pemerintah Indonesia kemudian mengadakan serangkaian kegiatan untuk kaum muda sebelum dan selama berlangsungnya World Water Forum (Forum Air Dunia) ke-10.

Berbagai kegiatan yang tersusun ini merupakan gabungan dari acara-acara yang direncanakan untuk melibatkan kaum muda, baik bagi khalayak muda level nasional maupun global.

Sumber:
worldwaterforum.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini