Jejak Para Pebalap Indonesia di Moto2 Sebelum Mario Aji

Jejak Para Pebalap Indonesia di Moto2 Sebelum Mario Aji
info gambar utama

Mario Aji akan balapan di Moto2 2024. Ia bukan satu-satunya pebalap asal Indonesia yang pernah tampil di ajang tersebut.

Mario Aji telah mengumumkan sendiri bahwa dirinya akan tampil di Moto2 2024 pada Sabtu (14/10/2023) lalu. Mario yang kini beraksi di Moto3 pun mengucapkan terima kasih kepada timnya yang telah mempercayakan dirinya untuk naik kelas.

"Pertama tentu saya ingin sampaikan terima kasih kepada Honda dalam hal ini Astra Honda dan Honda Team Asia yang telah memberikan dukungan dan kesempatan untuk saya meraih mimpi di ajang balap dunia. Kesempatan persaing di akan menjadi tantangan sekaligus pembuktian potensi yang saya miliki. Saya tidak akan sia-siakan kesempatan ini," katanya.

Nantinya, Mario Aji akan menyusul jejak sederet pebalap Indonesia lain yang lebih dahulu tampil di Moto2. Siapa saja?

Francesco Bagnaia, Pebalap MotoGP Kedua yang Jadi Penguasa Sirkuit Mandalika

Pebalap Indonesia di Moto2

Sebagaimana diketahui, Moto2 pertama kali diselenggarakan pada musim 2010. Kemudian pada 2012, Rafid Topan Sucipto ikut serta sebagai pebalap pertama Indonesia yang beraksi di sana.

Rafid beraksi bersama tim QMMF Racing Team. Namun, ia hanya tampil dalam satu balapan di Moto2 2012. Bermodal wild card, Rafid menjalani balapan di Valencia, Spanyol sebagai pengganti bagi Anthony West.

Pada musim 2013, Rafid kembali tampil di Moto2 bersama QMMF Racing Team. Namun kali ini, ia beraksi di semua seri balapan.

Rafid juga bukan satu-satunya pebalap Indonesia yang tampil di Moto2 2013. Ada pula Doni Tata Pradita dan Fadli Immammuddin.
Doni tergabung dalam Gresini Racing dan beraksi di semua balapan, sementara Fadli bersama JiR Moto2 hanya tampil sekali.

Selepas musim 2013, tidak ada lagi pebalap Indonesia di Moto2. Para pecinta balap motor Tanah Air baru bisa menyaksikan pebalap negerinya lagi pada 2017 saat Dimas Ekky Pratama ngegas bersama Federal Oil Gresini Moto2. Namun, Dimas juga hanya balapan sekali.

Dimas hadir lagi pada musim 2018 di bawah naungan Astra Honda Racing Team bersamaan dengan kembalinya Rafid yang bergabung dengan Forward Racing Team dan Dimas di Tech 3 Racing. Namun lagi-lagi, ketiganya kembali hanya tampil dalam satu seri balapan.

Memasuki musim 2019, barulah Dimas mendapatkan banyak jam terbang di Moto2 di mana ia tampil dalam balapan seri 1–10 dan 15–19 bersama Idemitsu Honda Team Asia. Di timnya, ada pula dua wajah baru dari Indonesia, yakni Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang dan Gerry Salim yang tampil sekali.

Musim 2020, giliran Andi yang jadi satu-satunya wakil Indonesia di Moto2. Ia tampil dalam semua seri balapan sebelum digantikan oleh Dimas sebagai wakil tunggal Indonesia pada musim 2021 yang tampil satu kali.

Setelahnya, belum ada lagi wakil Indonesia di Moto2, dan Mario Aji akan menandai kembalinya pebalap Tanah Air di ajang tersebut pada 2024.

Nathan Tjoe-A-On, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Merumput di Liga Inggris

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini