Nathan Tjoe-A-On, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Merumput di Liga Inggris

Nathan Tjoe-A-On, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Merumput di Liga Inggris
info gambar utama

Inilah profil Nathan Tjoe-A-On, pesepak bola yang merumput di Liga Inggris dan kini jadi calon pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia.

Nama Nathan Tjoe-A-On menjadi buah bibir belakangan ini. Penyebabnya adalah ia terpantau hadir langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, dalam laga Timnas Indonesia versus Brunei Darussalam pada Kamis (12/10/2023).

Para pecinta sepak bola Tanah Air menyambut positif kehadiran Nathan di SUGBK. Banyak yang menganggap itu sebagai wujud ketertarikan Nathan untuk ikut membela Indonesia.

Nathan memang diketahui menjadi salah satu nama yang berpeluang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Apalagi, ia juga telah diperkenalkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir kepada Presiden Joko Widodo yang juga menghadiri laga Indonesia kontra Brunei.

Erick pun telah membeberkan sebuah misi besar Indonesia di kancah sepak bola dunia, misi yang mana bisa jadi nantinya Nathan akan ikut di dalamnya.

"Kita akan berjuang untuk Piala Asia dan Piala Dunia 2026," kata Erick kepada Nathan.

Razzaa Fachrezi, Pesepak Bola Muda Indonesia yang Main di Spanyol bersama Rayo Vallecano

Profil Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On adalah pesepak bola kelahiran 22 Desember 20001. Saat ini, ia berstatus sebagai warga negara Belanda.

Nathan termasuk pesepak bola yang beruntung bisa merasakan karier sepak bola yang cukup bagua di usia muda. Bagaimana tidak, ia bermain di kasta kedua Liga Inggris bersama klub Swansea City.

Hanya saja, Nathan sejauh ini belum mendapatkan kesempatan main di Swansea City. Ia masih perlu membuktikan diri layak diturunkan dalam kerasnya laga Liga Inggris.

Musim 2023-2024 ini adalah musim pertama Nathan bersama Swansea. Sebelumnya, ia bermain bagi klub Excelsior Rotterdam di Belanda. Di Excelsior pula, Nathan meniti karier sepak bola mulai dari level junior hingga masuk ke ranah profesional.

Nathan masuk daftar calon pemain naturalisasi berhubung ia punya darah Indonesia. Diketahui, kakek Nathan dari garis keturunan ibunya berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Saat beraksi di lapangan, Nathan biasa ditempatkan sebagai bek kiri yang mana itu adalah posisi utamanya. Selain itu, ia juga bisa dimainkan sebagai bek tengah. Dengan demikian, jika ia bisa membela Indonesia, maka bisa dipastikan Pasukan Garuda bakal ketambahan tembok kokoh baru di lini pertahanan.

Sebagai bek kiri, Nathan nantinya bakal jadi pesaing berat bagi Pratama Arhan yang biasa jadi pilihan utama pelatih Shin Tae-Yong.

Mengenal Fullball, Olahraga Baru Hasil Kreativitas Pemuda Indonesia

Referensi:

  • https://www.transfermarkt.com/nathan-tjoe-a-on/profil/spieler/606023



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini