Berjuang untuk Inklusi: Cerita Inspiratif Elmi Sumarni Ismau dan GARAMIN NTT

Berjuang untuk Inklusi: Cerita Inspiratif Elmi Sumarni Ismau dan GARAMIN NTT
info gambar utama

Kebanyakan Kawan GNFI mungkin mengenal Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan keindahan dari pantai-pantai yang ada di Labuan Bajo, dan wisata satwa bertemu dengan Komodo di Pulau Komodo. Namun, di balik itu semua. NTT memiliki kisahnya tersendiri.

Elmi Sumarni Ismau, seorang perempuan penyandang disabilitas, peraih penghargaan Apresiasi SATU Indonesia (ASTRA) 2023 dari NTT, bersama kelima temannya menjadi salah satu sosok hebat di balik Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi (GARAMIN) NTT. Gerakan yang dibuat tepat pada saat sebelum pandemi COVID-19, yaitu 14 Februari 2020.

GARAMIN NTT memiliki Visi: “Terwujudnya Nusa Tenggara Timur yang inklusif dan berkeadilan, dengan mengedepankan kesetaraan hak difabel di berbagai sektor kehidupan.

GARAMIN NTT juga memiliki Misi “Menjadi gerakan solidaritas inklusi yang berintegritas, progresif dan kreatif untuk mewujudkan NTT yang inklusif melalui: Fasilitasi dan penguatan pengorganisasian difabel serta tata kelola pemerintahan yang inklusif dari level Desa hingga Provinsi; Fasilitasi dan penguatan akses difabel terhadap layanan hak dasar; Pembelaan dan penguatan akses terhadap keadilan bagi difabel dan advokasi kebijakan publik; dan Pendidikan Masyarakat.”

Dilansir dari wawancara Elmi dengan NET News pada 22 Desember 2021, GARAMIN NTT dibangun atas impian dari enam orang yang ingin membangun solidaritas dan semangat untuk bergerak membangun kesetaraan penyandang disabilitas di semua aspek kehidupan di NTT secara inklusi.

Untuk Kawan GNFI yang belum mengetahui apa itu Inklusi. World Bank mengatakan, bahwa Inklusi adalah sebuah peningkatan peran, hak, dan kewajiban individu dalam masyarakat.

Bagi Elmi, Inklusi yang terwujud seharusnya tidak hanya sebuah inklusi fisik, namun juga inklusi secara pola pikir. Sehingga, GARAMIN NTT juga turut bersinergi dan bertukar pengetahuan serta peluang kerja sama dengan mitra-mitra terkait. Hal ini diwujudkan dengan salah satunya pertemuan bulanan penguatan lembaga serta pendampingan dan pembangunan desa inklusi.

Meskipun Lembaga untuk disabilitas, tetapi Elmi dan Kawan GARAMIN NTT berpartisipasi aktif membantu masyarakat umum, seperti turut memberi bantuan saat ada bencana alam Badai Seroja, serta memberikan layanan vaksin di masa pandemi lalu.

Di wawancara yang sama, Elmi mengatakan bahwa tantangan inklusi berasal dari berbagai arah. Dari pihak disabilitas, mereka merasa minder atas kekurangan mereka; dari masyarakat, masyarakat memandang para disabilitas dengan berbagai stereotip; pemerintah sendiri telah membuat Peraturan Gubernur NTT, sayangnya pelaksanaannya masih minim.

Namun, sejauh GARAMIN NTT berjalan hingga saat ini, GARAMIN NTT telah memberikan berbagai aksi nyata, baik dalam skala nasional maupun internasional. Pada 27 September lalu, belasan desa menyetujui perlunya peraturan desa inklusi di setiap desa. Bahkan dua desa di antaranya, yaitu Oeletsala dan Oben, telah memiliki peraturan desa inklusi.

Dari akun sosial media GARAMIN NTT @GARAMIN_NTT, menunjukkan bahwa GARAMIN NTT telah dikunjungi oleh Kedutaan Besar Australia dan bekerja sama dengan Uni Eropa dalam kegiatan mengenai disabilitas.

Tidak hanya itu, Elmi dan GARAMIN NTT juga berpartisipasi dalam memperjuangkan nilai-nilai kesetaraan perempuan dan perlindungan terhadap anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai webinar yang dihadiri oleh GARAMIN NTT, utamanya di stasiun radio, RRI Kupang.

Karena, difabel, perempuan dan anak, kerap kali di pandang sebelah mata. Selain itu, GARAMIN NTT sendiri berisikan lima Perempuan dari enam pendiri utamanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Elmi dan para perempuan pendiri GARAMIN NTT merupakan Kartini Masa Kini.

Kisah inspiratif di atas merupakan salah satu bukti nyata bahwa dengan keterbatasan pun kita bisa menjadi tanpa batas dan di balik sebuah keindahan, terdapat perjuangan. Mengingat, tentu saja apa yang dilakukan oleh Elmi dan GARAMIN NTT, tidak hanya berhenti di situ saja. Tapi, satu hal yang perlu diketahui, ini adalah salah satu #kabarbaiksatuindonesia

Sumber:

  • Garamin NTT. (2023). Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi. Diakses dari [https://garamin.org/]
  • Instagram Garamin NTT. (2023). Akun Resmi Garamin NTT di Instagram. Diakses dari [https://www.instagram.com/garamin_ntt/]
  • Katong NTT. (2023). Belasan Desa di NTT Sepakat Buat Perdes Inklusi. Diakses dari [https://katongntt.com/belasan-desa-di-ntt-sepakat-buat-perdes-inklusi/]
  • Kupang Berita. (2023). Bupati Kupang Terima Audiens dengan Pengelola Program Garamin NTT. Diakses dari [https://kupangberita.com/2022/06/08/bupati-kupang-terima-audiens-dengan-pengelola-program-garamin-ntt/]
  • World Bank. (2023). Social Inclusion. Diakses dari [https://www.worldbank.org/en/topic/social-inclusion]

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini