Cemerlang di Asian Para Games 2022, Indonesia Langsung Tatap Paralimpiade 2024

Cemerlang di Asian Para Games 2022, Indonesia Langsung Tatap Paralimpiade 2024
info gambar utama

Setelah meraih hasil bagus di Asian Para Games 2022, Indonesia dihadapkan tantangan lain, yakni Paralimpiade 2024.

Atlet-atlet difabel Indonesia tampil begitu cemerlang di Asian Para Games 2022. Perolehan medali dan deretan rekor yang terpecahkan adalah buktinya.

Asian Para Games 2022 digelar di Hangzhou, China pada 22 hingga 28 Oktober 2023. Sebanyak 130 atlet Indonesia tampil dalam 12 cabang olahraga dalam pesta olahraga difabel terbesar se-Asia itu.

Bagi Indonesia, Asian Para Games kali ini sungguh meninggalkan kenangan manis. Bagaimana tidak, Indonesia berhasil mendapatkan medali emas yang terbilang banyak, yakni 29 keping.

Angka itu jauh di atas target. Sebelum Asian Para Games 2022 dimulai, Indonesia hanya memasang target 19 emas.

Selain 29 emas, Indonesia juga meraih 30 perak dan 36 perunggu. Total, Indonesia mengoleksi 95 medali sekaligus menempati urutan keenam di klasemen akhir perolehan medali. Di samping rekor, para atlet Indonesia juga sukses memecahkan 13 rekor baru.

“Atlet Indonesia berhasil memecahkan 13 rekor yakni delapan rekor Asian Para Games, 3 rekor Asia dan 2 rekor dunia. Bahkan Roma Siska yang meraih emas pertama dalam sejarah judo tunanetra Indonesia pada Asian Para Games serta emas pertama boccia oleh Felix Ardi Yudha,” ujar Chef de Mission Kontingen Indonesia Angela Tanoesoedibjo dalam keterangan tertulis Kemenpora.

Perolehan medali Indonesia datang dari berbagai cabor. Tercatat, hanya ada tiga cabor yang tidak menyumbang medali.

“Dari 12 cabor yang diikuti ada sembilan cabor yang memenuhi target dan tiga cabor belum menunjukan performa dan ini akan ada evaluasi. Seperti cabor yang mengajukan medali tapi masih belum menunjukan performa bagus atau justru ada yang menunjukan prestasi sangat bagus,” kata Wasekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto.

Capaian Medali Indonesia di Asian Para Games 2022 Melebihi Target

Menuju Paralimpiade 2024

Sukses di Asian Para Games 2022 tidak lantas membuat Indonesia bisa banyak bersantai. Sebab, ada tantangan lain yang sudah menunggu yakni, Paralimpiade Paris 2024.

Indonesia mengincar prestasi untuk pesta olahraga difabel terbesar dunia itu. Program persiapan pun tengah digodok.

Indonesia sudah memasang target untuk Paralimpiade Paris 2024. Target tersebut ditentukan berdasarkan hasil performa Kontingen Indonesia pada ajang multievent, termasuk Asian Para Games.

“Pada Paralimpiade Paris yang akan terselenggara pada bulan Agustus 2024, kita berencana meloloskan 30 atlet dari sembilan cabor termasuk kita harapkan panahan dan boccia. Kita juga punya target untuk menaikkan peringkat dari 42 menjadi 40 besar dunia,” tandas Rima.

Kata Media Korea Selatan tentang Penampilan Ciamik Megawati Hangestri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini