Menikmati Indahnya Rowo Jombor Klaten

Menikmati Indahnya Rowo Jombor Klaten
info gambar utama

Klaten merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota yang terkenal akan seribu umbulnya ini, ternyata juga memiliki tempat wisata lain yang begitu indah dipandang mata. Salah satu tempat wisatanya, yaitu Rowo Jombor. Tidak lengkap rasanya jika kalian bertandang ke kota Klaten tanpa bersinggah sejenak di Rowo Jombor. Maka dari itu Kawan GNFI, ikuti perjalanan saya berkeliling di Rowo Jombor!

Rowo Jombor sendiri terletak di Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Tempat ini dapat diakses dari pusat kota Klaten dengan menempuh perjalanan sekitar 15 menit. Jika Kawan GNFI berkunjung kemari, pasti di sepanjang jalan menuju Rowo Jombor akan melihat dan suguhi hamparan sawah, bukit-bukit kecil yang menjulang tinggi, pepohonan rindang, dan rumah-rumah warga yang tak begitu padat. Adanya hal itu membuat suasana yang begitu sejuk dan menyegarkan mata.

Sesampainya di Rowo Jombor akan nampak bahwa Rowo Jombor dikelilingi oleh banyak bukit yang begitu hijau. Bukit yang dimaksud ialah Bukit Sindoguro, Bukit Petrum, dan lain sebagainya. Selain dikelilingi oleh banyak bukit, Rowo Jombor juga dikelilingi oleh sungai yang tak dalam namun arus airnya begitu deras. Berbanding terbalik dengan arus air sungainya, Rowo Jombor sendiri memiliki arus air yang cukup tenang.

Jenis air di Rowo Jombor merupakan air tawar. Oleh sebab itu, disana terdapat banyak tambak ikan air tawar yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Uniknya, di sekeliling Rowo Jombor terdapat belasan warung apung yang berjajar dan bersebelahan dengan tambak ikan. Warung apung tersebut menyajikan berbagai makanan berbahan dasar ikan air tawar hasil budidaya masyarakat setempat. Tidak hanya menyajikan makanan, warung apung juga menyajikan berbagai permainan untuk anak kecil dan orang dewasa.

Dipinggiran Rowo Jombor terdapat puluhan warung yang menjual berbagai macam makanan ataupun minuman. Setiap warung memberi fasilitas seperti kursi dan tikar untuk para pengunjung. Jadi, para pengunjung dapat melihat pemandangan Rowo Jombor sambil menyantap makanan ataupun minuman.

Selain itu, di sebelah timur Rowo Jombor terdapat Taman Nyi Ageng Rakit yang menjadi tempat utama untuk menikmati indahnya Rowo Jombor terutama saat tiba matahari terbenam. Di taman tersebut juga menawarkan berbagai kuliner, seperti jagung kukus, ubi, dawet dan lain sebagainya. Tak ketinggalan, berbagai permainan juga ditawarkan, seperti memancing ikan bagi anak anak, komidi putar, kereta mini, skuter, dan masih banyak lagi.

Masyarakat biasanya berkunjung ke Rowo Jombor pada pagi, sore, dan malam hari. Pada saat pagi dan sore hari, banyak orang yang datang berkunjung untuk melakukan olahraga, memancing serta duduk bersantai menikmati sunrise ataupun sunset di Rowo Jombor. Kemudian pada saat malam hari, sebagian besar orang yang berkunjung memiliki tujuan untuk menikmati pemandangan dengan menaiki kapal wisata. Kapal wisata yang disuguhkan begitu unik karena dihiasi dengan berbagai pernak pernik. Kapal wisata yang ada begitu banyak dan mempunyai berbagai ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, Kawan GNFI dapat memilih menaiki kapal wisata sesuai selera.

Menceritakan dan menggambarkan Rowo Jombor tidak akan pernah ada habisnya. Rowo Jombor memiliki banyak keistimewaan. Istimewa tempatnya dan istimewa masyarakatnya. Sekian tulisan dari saya yang mungkin hanya menceritakan sebagian kecil mengenai Rowo Jombor. Terima kasih kepada Kawan GNFI karena sudah mengikuti perjalanan saya dari awal hingga akhir. Sampai berjumpa lagi pada kesempatan lainnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini