Pekalongan World City Of Batik, Ini kotaku dengan beribu sejarah cerita makna didalamnya

Pekalongan World City Of Batik, Ini kotaku dengan beribu sejarah cerita makna didalamnya
info gambar utama

Seiring berkembangnya zaman yang terus memacu untuk mengambil langkah modernisasi. Tapi satu hal yang tidak dapat dilunturkan, yaitu budaya. Menjadi ciri khas disetiap daerah, budaya merupakan komponen penting yang menjadi identitas ketika bersaing dikancah lokal maupun internasional.

Menjadi generasi yang cinta akan budaya kita tidaklah sulit, perlu adanya cinta dan ketulusan untuk tetap melestarikan. Rasa yang hadir dalam setiap jiwa akan menumbuhkan sebuah perilaku yang substansif maupun visual. Kebudayaan akan terus hidup dan mekar seindah bunga yang tumbuh, budaya akan terus tampak elegant dengan sejuta kelebihannya.

Salah satu yang menjadi icon pekalongan adalah batik. Siapa yang tak kenal dengan pekalongan, yang terkenal akan batik dan banyak pengusaha dipekalongan yang terjun menjadi produsen batik. Dengan segala inovasi yang tetap mempertahankan kearifan lokal batik itu sendiri, batik khas pekalongan tetap menjadi klasik dan mempunyai nuansa tersendiri.

Para pengusaha batik dipekalongan diantaranya didominasi oleh sesepuh atau keturunan mereka yang memang sudah terjun dalam usaha batik. Namun, tidak menutup kemungkinan para pengusaha batik dipekalongan mengawali usahanya dengan generasi pertama yang artinya mereka benar-benar merintis dari awal. Keduanya sama-sama dapat melestarikan budaya batik yang menjadi ciri khas pekalongan dimana mereka menjadi generasi penerus untuk dapat melestarikan budaya batik agar tidak punah.

Dalam melestarikan batik agar tetap eksis pada zaman yang modern ini, salah satu langkah walikota pekalongan menerapkan kebijakan untuk memakai sarung batik yang ditujukan kepada para ASN kota pekalongan.pemerintah kota pekalongan Hal tersebut agar batik yang menjadi icon pekalongan tidak luntur atau bahkan hilang dengan tetap menjaga eksistensi batik itu sendiri. Dengan inovasi sarung batik yang dijadikan sebagai icon para asn kota pekalongan memberikan dampak secara ekonomi bagi para pengusaha batik. Pemerintah kota pekalongan buat inovasi kebijakan untuk para asn dengan menggunakan sarung batik, "pemakaian sarung batik dapat menjadi identitas kota pekalongan", jelas walikota pekalongan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan sebutan kampung batik dipekalongan yaitu kampung batik kauman dan kampung batik pesindon yang merupakan kampung batik kuno di Pekalongan. Kedua kampung tersebut masih lekat dengan batik dan suasana yang masih klasik, tidak heran jika para tourism seringkali mengunjungi dua kampung batik tersebut. Oleh karena itu, masyarakat terus menjaga kearifan lokal dengan mengadakan seperti festival maupun pameran dan berbagai event lain agar masyarakat dapat lebih mengenal batik dan menjaga eksistensi serta melestarikannya.

Salah satu tempat yang sangat legendaris adalah museum batik pekalongan. Tempat ini seringkali dijadikan tujuan para wisatawan mulai dari lokal hingga mancanegara. Karya batik mulai dari alat yang digunakan tersedia di museum tersebut. Dan yang menariknya mereka juga dapat berkesempatan langsung untuk membuat batik yang di dampingi langsung oleh ahlinya.

Pekalongan menjadi salah satu daerah kecil tapi penuh dengan invovasi, bahkan banyak para investor yang berminat untuk memulai usaha di Pekalongan. Salah satu yang menjadi ikon Pekalongan adalah dapat menjaga budaya di era modernisasi yang sangat pesat ini. Tak jarang para tourism mancanegara melakukan kunjungan ke Pekalongan. Menurut Solopos.com kota pekalongan berhasil menjadi kota kreatif dunia yang di tetapkan oleh Unesco 2015 silam, hingga saat ini kota pekalongan dapat mempertahankan eksistensinya.

Berkunjung dan berlibur ke kota pekalongan pasti akan selalu terkesan, banyak spot dan bangunan yang masih otentik dan menjaga ciri khas keaslian dari suatu objek tersebut. Tepat pada tanggal 25 - 29 oktober lalu kota pekalongan menyelenggarakan pekan batik nasional 2023, dimana kegiatan tersebut tidak lain untuk menjadi agenda setiap tahunnya dalam memperingati hari batik nasional. Tema yang di angkat pada pekan batik nasional 2023 ini, yaitu menurut dindagkop.pekalongankota "Keberagaman Menuju Kebersamaan, Elaborasi Potensi Batik Untuk Pekalongan Mendunia". Semoga kota pekalongan selalu menjadi kota yang dapat memberikan ketenangan dan kesejukan bagi siapapun yang berkunjung atau sekedar teringat dengan kota pekalongan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini