Tingkatkan Kemampuan Kepemimpinanmu Melalui Idea Fest 2023

Tingkatkan Kemampuan Kepemimpinanmu Melalui Idea Fest 2023
info gambar utama

Menjadi pribadi yang memiliki kapabilitas untuk memimpin merupakan salah satu kemampuan yang seringkali didambakan oleh kebanyakan orang. Kelugasan dalam melakukan koordinasi secara intensif, berkomunikasi secara efektif, serta mampu memberikan gagasan yang inspiratif secara tidak langsung mampu me-rebranding diri kita untuk siap terhadap berbagai kesempatan yang terbuka di depan mata.

Kemampuan dalam memimpin atau yang lebih sering disebut sebagai leadership memang sejatinya kemampuan yang semua orang miliki di dalam pribadi mereka masing-masing. Namun yang jadi pertanyaan, apakah kita telah memaksimalkan kapabilitas kepemimpinan kita dengan baik?

Arus globalisasi yang begerak cepat tentunya berdampak secara siginifikan terhadap produktivitas serta tingkat efektivitas aktivitas manusia. Dibantu oleh majunya perkembangan teknologi, kita dengan mudah dapat terkoneksi dalam jaringan komunikasi yang sangat luas, yang akhirnya memberikan implikasi akan hadirnya berbagai ruang bagi kita untuk berdinamika dalam membangun peradaban manusia.

Namun demikian, hal ini juga menimbulkan berbagai kegelisahan serta ketidakpastian terhadap banyak orang. Dengan derasnya arus peradaban, kita sebagai manusia seringkali hanya terbawa arus tersebut tanpa tahu arahan serta batasan, yang pada akhirnya mengkotak-kotakkan diri kita di beberapa hal yang sebenarnya tidak ingin kita lakukan. Selain itu, kapabilitas kita dalam memimpin juga secara perlahan tergerus maupun terpendam dalam, meredupkan semangat kita sebagai kaum muda dalam meciptakan perubahan.

Idea Fest berusaha untuk menjawab beragam permasalahan tersebut. Selama 11 tahun berturut-turut, Idea Fest berinisiatif untuk memberikan wadah bagi berbagai tokoh nasional serta internasional ternama untuk dapat menyalurkan gagasannya mengenai bidang disiplinnya masing-masing. Mulai dari musik, film, fashion, teknologi, entrepreneur, dan masih banyak lagi. Para agen perubahan tersebut dikumpulkan menjadi satu untuk memantik semangat generasi muda dalam melangkah dan memberanikan diri untuk menerima tonggak kepemimpinan.

Dengan mengusung tema "Lead trhe Leap!", organizer acara terkait secara tersurat ingin mendorong generasi muda untuk berani menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks. Digelar selama tiga hari di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023 lalu, Idea Fest sukses menyelenggarakan enam program prestisius yang mewadahi pengunjungnya untuk menggali jati diri mereka yang sebenarnya, mulai dari Conference, Ideatalk, Youth Summit, Creative Workshop, Nexspace, serta Semasa.

Berbagai rangkaian program ini memang sengaja dirancang oleh Idea Fest untuk memantik minat individu untuk melakukan eksplorasi terhadap pemikiran serta ide-ide kreatif yang mereka miliki, yang nantinya dapat menjadi bahan bakar mereka untuk berkarya dan memajukan industri kreatif di Indonesia.

Tidak hanya melibatkan tokoh-tokoh inspiratif multidisiplin saja, Idea Fest 2023 juga tidak lupa untuk menggaet UMKM lokal yang memperjualbelikan produk-produk lokal mereka di area Art Market. Jika diestimasikan, setidaknya terdapat 90 brand lokal dari produk-produk yang selaras dengan latar belakang para pembicara yang mewarnai tiga hari keseruan Idea Fest 2023, seperti produk fashion, kraft, hingga food market.

Uniknya, program podcast yang diinisiasi oleh Deddy COrbuzier juga dihadirkan di acara tersebut secara offline untuk pertama kalinya. Tidak melupakan pembicara yang berlatar belakang politik, Idea Fest berhasil mendatangkan tokoh politik menonjol dalam negeri, seperti Walikota Bogor Bima Arya dalam acara "ASEAN Youth Summit 2023 Recap", dan Ganjar Pranowo dalam "Road to IdeaFest 2023".

Idea Fest 2023 dengan visinya sukses memberikan wadah yang memadai bagi masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda, dalam menginspirasi serta memantik gagasan kreatif masyarakat yang dapat mendorong industri kreatif di Indonesia untuk dapat berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun kedepan. Meskipun fokus Idea Fest tahun ini berfokus pada bidang kreatif, akan tetapi kita sebagai kaum muda dapat menjadikan beragam pandangan serta perspektif dari pembicara-pembicara ternama yang diundang untuk pada akhirnya berdiri diatas kaki sendiri dan berani untuk mengambil resiko dalam memimipin berbagai komunitas di ranahnya masing-masing.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

ND
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini