Borneo Hornbills, Semangat Baru Bola Basket Kalimantan di IBL 2024

Borneo Hornbills, Semangat Baru Bola Basket Kalimantan di IBL 2024
info gambar utama

Klub asal Kalimantan Borneo Hornbills bakal meramaikan kancah bola basket profesional Tanah Air mulai 2024.

Borneo Hornbills akan berlaga di Indonesian Basketball League (IBL) musim 2024. Klub berkostum hijau itu sekaligus jadi satu-satunya wakil Kalimantan di kompetisi tersebut.

Meski hadir sebagai wajah baru di IBL, Borneo Hornbills sebetulnya adalah klub lama. Klub tersebut sebetulnya adalah Bumi Borneo yang kini melakukam rebranding dengan berganti nama dan logo.

Bumi Borneo didirikan pada 2021 oleh dua pengusaha, yakni Yansen Kamto dan Isenta Hioe. Tak butuh waktu lama, Bumi Borneo langsung berkompetisi di IBL sejak musim 2022.

Pada musim pertamanya di IBL Bumi Borneo hanya bermain di seri reguler dengan menduduki peringkat ketiga di Red Division. Kemudian pada musim 2023, mereka lolos ke play-off, namun dikalahkan Prawira Bandung di ronde pertama.

Megawati Hangestri, Bintang Voli Asal Indonesia Peraih MVP di Liga Korea Selatan

Membawa Semangat Baru

Tak hany hadir sebagai wajah baru, Borneo Hornbills juga membawa semangat baru ke kancah basket Indonesia. Semangat itu tergambar dari logo mereka yang menampilkan burung enggang.

Burung enggang yang juga kerap disebut sebagai burung rangkong adalah satwa khas Kalimantan yang ikonik. Warna tubuhnya hitam dan putih, sementara paruhnya yang besar dan kokoh berwarna kuning kemerahan.

Di balik keindahannya, burung enggang punya makna filosofis yang mendalam. Bagi Suku Dayak, burung ini adalah salah satu tanda kedekatan manusia dengan alam. Selain itu, burung enggang juga merupakan lambang perdamaian dan persatuan

Makna lain yang melekat pada burung enggang adalah gambaran pemimpin yang ideal. Ini karena burung enggang hinggap di gunung-gunung dan pepohonan yang tinggi, punya bulunya menawan, dan bersuara keras. Selain itu, burung ini tubuhnya juga besar dan suaranya menggema di penjuru hutan Kalimantan. Karakter itu pula yang diharapkan memancar dari semangat Borneo Hornbills.

"Kami harap ikon Burung Rangkong ini sesuai dengan karakter tim kami, yang bisa bergema di perbasketan nasional," kata Presiden Klub Borneo Hornbills Leo Gautama seperti dilansir laman resmi IBL.

Kini, Borneo Hornbills terus berupaya memperkuat timnya sebelum IBL 2024 dimulai pada Januari mendatang. Sejauh ini, mereka diketahui telah memperpanjang kontrak pelatih Tondi Raja Syailendra dan merekrut pemain baru, yakni Valentino Wuwungan dan Sevly Rondonuwu.

Meski berbasis di Pontianak, Kalimantan Barat, Borneo Hornbills menggunakan GOR Laga Tangkas Pakansari, Bogor sebagai homebase. Meski demikian, ke depannya mereka berhasrat untuk bisa memiliki kandang di Kalimantan.

Kata Media Korea Selatan tentang Penampilan Ciamik Megawati Hangestri

Referensi:

  • https://iblindonesia.com/news/filosofi-logo-borneo-hornbills



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini