Dasbor Desa, Platform Penyedia Data untuk Pembangunan Pedesaan

Dasbor Desa, Platform Penyedia Data untuk Pembangunan Pedesaan
info gambar utama

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meluncurkan aplikasi berbasis web yang dinamakan "Dasbor Desa" guna mengoptimalkan pembangunan desa. Platform ini menyediakan akses terhadap data dan informasi terkini tentang pembangunan pedesaan.

Dikutip dari laman kemenkopmk.go.id, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan, melalui Dasbor Desa, pihaknya dapat secara langsung memberikan intervensi dalam melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga teknis terkait permasalahan yang dihadapi oleh desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya dasbor secara real time ini, seluruh desa yang ada di Indonesia akan mudah kita dorong pembangunannya. Ini untuk memperpendek spend of control di masing-masing desa,” kata Muhadjir dalam acara Peluncuran Dasbor Desa, Selasa (31/10).

Mengawasi pembangunan desa

Dasbor Desa merupakan situs aplikasi berbasis daring yang diinisiasi bersama oleh Kemenko PMK, Kementerian Kkeuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kemendesa PDTT, Badan Pengawasan Keuangan dan pembangunan, serta Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Selain menyediakan akses terhadap data, Dasbor Desa juga dapat berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap penyimpangan anggaran di desa. Apabila terdapat indikasi penggunaan anggaran yang tidak wajar dapat secara langsung ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait.

Menko PMK Muhadjir optimistis platform tersebut akan memainkan peran penting dalam menyediakan informasi yang akurat antar-kementerian dan lembaga untuk mendukung efektivitas koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan pembangunan desa sesuai mandat Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Optimisme Indonesia dalam Mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs

Data untuk pembangunan desa

Melalui aplikasi tersebut, kementerian dan lembaga dapat membangun kerja sama yang efektif, mengambil keputusan yang tepat, memastikan upaya pembangunan perdesaan berjalan dengan baik. Terlebih lagi Dasbor Desa sudah didukung oleh data dan informasi mutakhir dari lembaga terkait.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencaca Sorni Paskah Daeli mengatakan, ketepatan dan akurasi data memiliki peran yang esensial dalam pembangunan perdesaan.

Menurutnya, data yang tepat dan akurat menjadi pondasi bagi perencanaan, implementasi, dan pemantauan berkelanjutan dari berbagai program pembangunan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi desa dengan status tertinggal.

Pemerintah Terus Kebut Pembangunan Proyek Strategis Nasional, Apa Buktinya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini