Cinta Tanah Air dan Melestarikan Kebudayaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Cinta Tanah Air dan Melestarikan Kebudayaan dalam Kehidupan Sehari-hari
info gambar utama

Upayaku dalam Melestarikan Kebudayaan

Cinta Tanah Air dan Melestarikan Kebudayaan dalam Kehidupan Sehari-hari

#LombaArtikelPKN2023#PekanKebudayaanNasional2023#IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Indonesia negara kepulauan dengan berbagai suku bangsa dan kebudayaan. Indonesia juga dikenal kaya akan rempah-rempah yang berlimpah. Kebudayaan Indonesia merupakan warisan nenek moyang yang harus dijaga agar tidak punah oleh perkembangan zaman. Melestarikan kebudayaan Indonesia menjadi kewajiban bagi seluruh bangsa Indonesia terutama generasi muda penerus bangsa, begitupun aku sebagai bangsa Indonesia. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi terkadang membuat kita lupa dan abai terhadap kebudayaan yang ada di negeri tercinta.

Kesadaranku terhadap kebudayaan bermula saat aku mendapatkan kain dari nenekku. Kain yang begitu indah namun aku tidak tau kapan kain tersebut aku gunakan. Di lingkungan kampung halamanku pemakaian kain tradisional dan pakaian adat kini sudah jarang digunakan. Masyarakat lebih nyaman menggunakan pakaian modern dan produk dari luar negeri. Padahal Indonesia memiliki beragam pakaian adat yang sangat indah. Dan akupun menyadari bahwa Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang harus dilestarikan oleh seluruh bangsa Indonesia. Aku sebagai warga Indonesia juga berkewajiban dalam melestarikan kebudayaan.

Upayaku dalam melestarikan kebudayaan dimulai dengan mempelajari dan mengenal kebudayaan daerah. Seperti kata semboyan tak kenal maka tak sayang. Aku mulai mencari tahu tentang kebudayaan dengan membaca sejarah dan perkembangan zaman. Lalu akupun mulai menerapkan kecintaan terhadap kebudayaan dalam kegiatan sehari-hari. Acara kebudayaan kini menjadi salah satu destinasi yang harus aku ikuti. Seperti acara Pekan Kebudayaan Nasional 2023. Pameran budaya, seni tari, serta kuliner nusantara ada dalam acara tersebut.

Indonesia negara kepulauan dengan banyak provinsi dengan berbagai kebudayaan daerah yang beragam seperti bahasa daerah, religi, upacara adat, pakaian, rumah, hingga makanan daerah. Keberagaman kebudayaan Indonesia membuat kita wajib berupaya untuk melestarikan kebudayaan tersebut, agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman dan kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Cinta tanah air dan kebudayaan Indonesia menumbuhkan rasa nasionalime sehingga kita perlu mengenal dan juga mempelajari serta melestarikan kebudayaan.

Mempelajari dan menggunakan bahasa daerah di lingkungan keluarga, menggunakan batik saat bekerja, menggunakan pakaian adat saat menghadiri acara tertentu kini sudah mulai aku terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan produk buatan Indonesia dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, dan juga membantu perekonomian masyarakat, dan apresiasi untuk seniman lokal. Produk lokal karya anak bangsa juga memliki kualitas yang baik, bahkan beberapa komoditas produk Indonesia sudah dipasarkan ke luar negeri, dan dari segi harga produk lokal jauh lebih terjangkau. Lalu mengapa kita harus mengeluarkan dana lebih hanya untuk produk dari luar?

Tidak hanya keberagaman budaya dan suku bangsa, Indonesia juga memiliki rempah-rempah yang berlimpah. Kuliner Indonesia kaya akan cita rasa. Dari sabang hingga merauke masakan daerah memiliki cita rasa khas dari daerah. Mengkonsumsi dan mengolah masakan Indonesia juga merupakan salah satu langkah kecilku dalam melestarikan kebudayaan. Makanan cepat saji dan produk dari luar negeri kini banyak dipasarkan di Indonesia dengan harga yang terjangkau, sehingga masakan daerah kini mulai langka. Masakan Indonesia dari berbagai daerah yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, dan minuman herbal alami baik untuk kesehatan, jika dibandingkan dengan makanan cepat saji dan juga minuman kemasan. Dari segi rasa kuliner nusantara memiliki begitu banyak varian dan rasa yang khas dari setiap daerahnya, kita perlu mendukung kuliner nusantara dengan mempelajari dan mengkonsumsi masakan nusantara. Saat acara kumpul keluarga, kuliner nusantara seperti pepes ikan tempoyak, sayur pindang ikan, rendang, gudeg, ikan cakalang, empek-empek, kue lapis legit, dan berbagai masakan nusantara lainnya menjadi santapan istimewa. Saat liburan kini kuliner nusantara menjadi agenda wajib yang harus aku cicipi. Seiring dengan perkembangan zaman kebudayaan pun ikut berkembang, remaja biasanya lebih tertarik untuk meniru kebudayaan asing dibandingkan kebudayaan nusantara, sehingga kita perlu menyaring kebudayaan asing tersebut agar menghasilkan sesuatu hal yang positif. Perkembangan zaman dan teknologi jika kita gunakan dengan bijak dapat menghasilkan sesuatu yang positif, pengguanaan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan kebudayaan nusantara kepada masyarakat luas, baik dari dalam maupun luar negeri. Cinta tanah air dan melestarikan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari, dan tulisan ini juga menjadi salah satu upayaku dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Sebagai bangsa Indonesia terutama generasi muda kita wajib cinta terhadap tanah air Indoenesia seperti ikrar sumpah pemuda, kami putra dan putri Indonesia bertumpah darah satu tanah air Indonesia, kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia, kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Budaya adalah identitas suatu bangsa, marilah kita berupaya menjaga dan melestarikan kebudayaan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita terhadap leluhur, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini