3 Wisata Pantai di Pulau Bangka yang Wajib Dikunjungi!

3 Wisata Pantai di Pulau Bangka yang Wajib Dikunjungi!
info gambar utama

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera. Provinsi Babel disebut sebagai provinsi kepulauan karena terdiri dari dua pulau utama, yaitu Bangka dan Belitung, serta banyak lagi pulau-pulau kecil lain di sekitarnya.

Pulau Bangka terkenal akan pariwisatanya yang berupa pantai. Pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah dan menawan. Kali ini, Kawan GNFI akan memberikan 3 rekomendasi pantai yang berada di Pulau Bangka yang memiliki daya tariknya masing-masing.

1. Pantai Tongaci

Instagram @pantaitongaci
info gambar

Pantai yang berada di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini akan memanjakan mata Kawan GNFI dengan berbagai macam spot foto yang indah.

Sepanjang jalan masuk pantai, kamu akan disuguhkan dengan payung warna-warni ala CHhina yang bergantungan di atas. Di bagian kiri dan kanannya, kamu dapat melihat galeri barang-barnang antik. Namun, sayangnya kamu tidak diperbolehkan mengambil foto di galeri tersebut.

Di bagian kanan pantai, kamu dapat melihat adanya penangkaran penyu. Berbagai macam ukuran penyu dapat kamu temukan di sana dan kamu juga dapat memberikan makan kepada penyu-penyu tersebut.

Selain itu, masih banyak hal lain yang dapat kamu temukan di sana seperti perpustakaan, kafe, serta hamparan pantai dengan pasirnya yang putih.

Mengunjungi Temanggung, Tanah yang Dijuluki sebagai Kota Tembakau

2. Pantai Tanjung Kalian

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Pantai Tanjung Kalian terletak bersebelahan dengan Pelabuhan Tanjung Kalian. Pantai satu ini memiliki menara atau mercusuar dengan tinggi sekitar 56 meter dengan total 199 anak tangga.

Jika kamu ingin menaiki mercusuar di pantai ini, kamu diharuskan membayar biaya sebesar lima ribu rupiah. Setelah itu, kamu akan diperbolehkan masuk dan menaiki tangga untuk sampai ke bagian atas menara. Saat berada di atas mercusuar ini, Kawan GNFI dapat menikmati pemandangan indah Pantai Tanjung Kalian serta area di sekitarnya.

Di bibir pantai tanjung kalian, terdapat bangkai kapal Van Den Parra yang sebelum tenggelam sengaja ditarik ke tepi pantai dan diistirahatkan di sana untuk selama-lamanya. Selain bangkai kapal Van Den Parra, ada juga beberapa bangkai kapal lain yang terdampar serta monumen yang dibangun sebagai saksi bisu dari sejarah lama.

3. Pantai Tikus Emas

Instagram @pantai_tikus_emas
info gambar

Pantai Tikus Emas memiliki sebuah ikon utama yang merupakan sebuah patung tikus besar yang dibaluti dengan banyaknya perhiasan emas. Patung tersebut sering dijadikan objek foto untuk mengabadikan momen oleh para pelancong yang datang.

Pantai Tikus Emas menyajikan berbagai objek yang dapat dinikmati seperti wahana sepeda gantung, flying fox, lapangan panahan dan outbound, permainan paint ball, kids car arena, kolam ikan, dan penangkaran penyu. Kawan GNFI juga dapat menikmati sensasi serunya menaiki banana boat dan jet ski di pantai yang satu ini.

Selain itu, pengunjung dapat berkemah di camping ground yang ada di pantai ini dan bersantai sambil bermain dengan kelinci di area rabbit park. Pengunjung juga dapat bermain kano, beach football dan beach volleyball bersama keluarga maupun teman. Pantai tikus emas juga letaknya bersebelahan dengan pantai pesona, jadi Kawan GNFI yang datang dapat menikmati pemandangan dua pantai dalam satu waktu.

Usai Cirata, Pemerintah Bakal Bangun PLTS Terapung di Sejumlah Daerah

Jika ke pantai ini, Kawan GNFI bisa merasakan banyak pengalaman wisata di satu tempat. Untuk masuk ke pantai Tikus Emas, kamu diharuskan membayar biaya masuk sebesar lima ribu rupiah per orang.

Itulah gambaran singkat dari 3 pantai di pulau Bangka yang wajib kamu kunjungi ala Kawan GNFI!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini