Bisa Didarati Pesawat Jumbo, Seberapa Panjang Landasan Pacu Bandara IKN?

Bisa Didarati Pesawat Jumbo, Seberapa Panjang Landasan Pacu Bandara IKN?
info gambar utama

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dipastikan akan punya bandara. Berdasarkan desain, landasan pacunya nantinya bisa didarati pesawat terbang berukuran jumbo.

Bandara IKN telah mulai dibangun. Dimulainya proyek pembangunan ditandai dengan seremoni peletakan baru pertama (ground breaking) di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023) lalu.

Dalam seremoni tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi menyampaikan optimismenya akan berbagai dampak positif dari Bandara IKN. Jokowi yakin infrastruktur tersebut nantinya juga membuat IKN jadi semakin mungkin panasnya.

"Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pengembangan IKN yang sedang kita proses," kata Jokowi dalam rilis Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Pemerintah menyebut bahwa Bandara IKN nantinya akan melayani pesawat penumpang sipil berbadan lebar seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380. Seperti apa spesifikasi landasan pacunya hingga jadi tempat mendarat pesawat jumbo?

Jokowi Resmikan Proyek RS Mayapada di IKN, Investasi Rp500 Miliar

Bukan LandasanPacu Terpanjang

Pemerintah mengungkapkan jika luas seluruh area bandara IKN adalah 347 ha. Untuk landasan pacuya sendiri, panjangnya adah 3000 meter dan lebarnya 45 meter.

Dengan kemampuannya untuk didarati pesawat jumbo, landasan pacu Bandara IKN tentu tergolong memadai. Hanya saja, Bandara IKN bukanlah bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia.

Faktaya, bandara dengan landasan pacu terpanjang di negeri ini adalah Bandara Hang Nadim, Batam. Bandara tersebut landasan pacunya memiliki panjang mencapai 4.025 meter. Ini sekaligus membuat Bandara Hang Nadim dinobatkan sebaga bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia.

Kemudian bandara yang punya landasan pacu terpanjang kedua adalah Bandara Kualanamu. Bandara yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara ini punya landasan pacu sepanjang 3,750 meter.

Sementara itu, bandara dengan landasan pacu terpanjang ketiga adalah Bandara Soekarno-Hatta yang terletak di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Landasan pacunya memiliki panjang 3.660 meter.

Itulah perbandingan antara panjang landasan pacu Bandara IKN dengan bandara lain di Indonesia. Terlepas dari perkara landasan pacu, pembangunan Bandara IKN jadi bagian dari upaya pemerataan pembangunan melalui paradigma Indonesia Sentris.

"Pembangunan bandara ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

3 Instalasi Pengolah Air Limbah IKN Dibangun, Gunakan Teknologi Sanitasi Ramah Lingkungan

Referensi:

  • https://pu.go.id/berita/menteri-basuki-dampingi-presiden-jokowi-ground-breaking-bandara-ikn-nusantara
  • https://dephub.go.id/post/read/pembangunan-bandara-ikn-resmi-dimulai

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini