Jokowi Resmikan Proyek RS Mayapada di IKN, Investasi Rp500 Miliar

Jokowi Resmikan Proyek RS Mayapada di IKN, Investasi Rp500 Miliar
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Rumah Sakit (RS) Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (1/11/2023). Dato Sri Tahir, pemilik Mayapada Group, menginvestasikan Rp500 miliar untuk pembangunan rumah sakit ini.

Jokowi megatakan dalam sambutannya bahwa RS Mayapada bakal menjadi RS hijau untuk mendukung pembangunan IKN sebagai ibu kota negara pertama di dunia yang mengusung konsep kota hutan (forest city).

“Mayapada Hospital Nusantara ini juga akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi energi,” ujar dia dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

Usai peletakan batu pertama, Jokowi lantas menyampaikan harapannya agar pembangunan RS kedua di IKN ini dapat segera dilakukan. Dengan begitu, RS Mayapada dapat beroperasi pada semester kedua 2024 untuk memberikan pelayanan kepada ibu dan anak, penanganan kegawatdaruratan, jantung, stroke, serta ortopedi.

“Saya yakin ini akan menjadi rumah sakit yang baik karena bekerja dengan Apollo Hospital di India,” ungkapnya.

Jokowi Resmikan Proyek Bandara IKN Senilai Rp4,3 Triliun

Mayapada Hospital, kata Jokowi, akan beroperasi sebagai rumah sakit yang ramah lingkungan. Sebanyak 20 persen dari total luas lahan akan dimanfaatkan sebagai area hijau dan dilengkapi taman penyembuhan dengan sistem kelola untuk membantu percepatan kesembuhan pasien.

Kemudian, Jokowi juga meminta pengelola untuk menjadikan RS Mayapada di IKN sebagai contoh rumah sakit yang ramah lingkungan. Itu termasuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, mengefisienkan pemakaian energi dan air, memaksimalkan cahaya matahari, dan membangun sistem daur ulang air limbah yang baik.

“Serta menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali,” ucapnya.

Jokowi meyakini bahwa pengalaman Mayapada Hospital dengan mitra-mitra internasional akan mampu memberikan pelayanan yang profesional. Mereka dinilainya mampu menangani kasus-kasus kesehatan yang kompleks bagi masyarakat, pemerintah, asuransi, serta perusahaan dalam dan luar negeri.

Untuk itu, dia berpesan agar pihak RS Mayapada di IKN tidak melupakan pasien dari masyarakat pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

3 Instalasi Pengolah Air Limbah IKN Dibangun, Gunakan Teknologi Sanitasi Ramah Lingkungan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini