Mengenal Super Grid, Andalan Indonesia untuk Genjot Penggunaan Energi Baru Terbarukan

Mengenal Super Grid, Andalan Indonesia untuk Genjot Penggunaan Energi Baru Terbarukan
info gambar utama

Indonesia terus berupaya menggenjot penggunaan energi baru terbarukan alias EBT. Salah satunya dengan memanfaatkan super grid.

Pada dasarnya, super grid adalah jaringan transmisi listrik dengan jangkauan wilayah yang luas. Lewat super grid, listrik bisa dialirkan dalam jumlah besar dan jarak yang jauh.

Mengingat fungsinya yang begitu penting dalam hal pengelolaan energi, super grid jadi salah satu cara untuk mendistribusikan listrik ke berbagai penjuru negeri. Indonesia pun punya misi untuk membuat super grid.

Salah satu momen di mana misi tersebut diungkap terjadi sekitar setahun yang lalu, tepatnya pada Sabtu (12/11/2023). Saat itu, dalam acara Bloomberg NEF Summit 2022 bertajuk 'Indonesia's Sustainable Energy Transition Ambition' di Nusa Dua, Bali, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)Arifin Tasrif membeberkan bahwa Indonesia ingin menyambung lima area utama kelistrikan Tanah Air.

"Kita harus menghubungkan jaringan kelistrikan antara Jawa dengan Sumatera, Kalimantan dengan Jawa, Kalimantan dengan Sulawesi, maupun Jawa-Bali dengan Nusa Tenggara," ujar Arifin saat itu dalam keterangan tertulis Kementerian ESDM.

Alasan Mengapa Transisi Energi Bersih Perlu Dilakukan Secara Masif di Indonesia

Memanfaatkan Super Grid, Memasifkan EBT

Tentu bukan tanpa alasan mengapa Indonesia ingin membangun super grid. Bagi Indonesia super grid bisa dimanfaatkan sebagai alat distribusi energi kepada masyarakat.

Di beberapa daerah terpencil, terdapat berbagai sumber-sumber EBT, namun karena permintaan listrik di sana rendah berhubumg lokasinya jauh dari pemukiman masyarakat maupun industri, listrik bisa disalurkan ke daerah lain. Di sinilah super grid kemudian dapat hadir sebagai alat penyalur tersebut.

Selain itu, keberadaan super grid juga akan membantu Indonesia mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat. Karena banyak menggunakan pembangkit berbahan dasar dari EBT, super grid dapat membantu konsumen listrik beralih menuju energi yang ramah lingkungan.

Canggih, Pondok Pesantren di Kediri Andalkan Pasokan Listrik dari PLTS Atap

Super Grid di Indonesia

Rencana Indonesia untuk membangun super grid sempat dibahas lagi dalam acara Rakernas Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tahun 2023 di Bandung, Sabtu (2/4/2023) lalu. Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menjelaskan jika super grid yang akan dimiliki Indonesia bakal menghubungkan lima area utama kelistrikan dengan kabel bawah laut.

"Kita akan membuat apa yang dinamakan nasional super grid atau super grid karena kita negara kepulauan yang teridri 17.000 atau 18.000 pulau yang pada saatnya akan kita hubungkan dengan kabel listrik bawah laut," ujar Rida Mulyana.

Dengan super grid, tantangan berupa wilayah Indonesia yang sangat luas tak akan menghalangi proses distribusi listrik. Sumber EBT di berbagai pelosok negeri pun bisa dimanfaatkan secara lebih maksimal.

"Insya Allah super grid ini akan diwujudkan untuk menyalurkan listrik dari satu titik ke titik yang lain karena sumber-sumber energi terbarukkan itu tersebar di seluruh Indonesia dari mulai Papua sampai ke Aceh itu ada sementara yang menggunakannya ada di Pulau Jawa, makanya listriknya harus diangkut," jelas Rida.

Gerilya, Program yang Buat Generasi Muda Melek Energi Bersih dan Tenaga Surya

Referensi:


https://ebtke.esdm.go.id/post/2022/11/14/3333/super.grid.solusi.pemerataan.ebt

https://ebtke.esdm.go.id/post/2023/02/06/3421/super.grid.jadi.salah.satu.kunci.penetrasi.energi.bersih



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini