Optimisme Generasi Muda Indonesia di Tahun Politik

Optimisme Generasi Muda Indonesia di Tahun Politik
info gambar utama

Ir. Soekarno pernah mengatakan "Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". Pemuda atau generasi muda dipercaya sebagai penerus bangsa yang kelak akan melanjutkan perjalanan bangsa Indonesia meraih cita-cita bangsa.

Generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa, menjadi penggerak perubahan untuk bangsa Indonesia lebih maju. Hal ini dikarenakan para generasi muda memiliki tingkat kreativitas dan inovasi serta jiwa sosial yang tinggi.

Pendapat dan pandangan generasi muda yang memiliki potensi besar sebagai penggerak perubahan dan pembangunan bangsa di masa depan sangatlah penting untuk diperhatikan. Sejak tahun 2018, Good News From Indonesia (GNFI) telah melaksanakan survei indeks optimesme generasi muda Indonesia.

Di tahun 2023 ini, GNFI kembali melakukan survei indeks optimisme dan bekerja sama dengan Lembaga Survei Populix dengan tujuan untuk mengukur tingkat optimisme generasi muda terhadap masa depan Indonesia dalam berbagai aspek.

Indeks optimisme yang dilakukan terdidi dari lima dimensi utama, yaitu: pendidikan dan kebudayaan, kebutuhan dasar, ekonomi dan kesehatan, kehidupan sosial, politik dan hukum. Kemudian ditambah dengan dua dimensi tambahan berupa lingkungan dan pemilu yang menjadi perhatian di tahun 2023 ini.

Apa Saja Perbedaan Data Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist? Ini Penjelasannya
Hasil Survei Optimisme Generasi Mudaa Indonesia 2023
info gambar

Hasil dari survei yang dilakukan oleh GNFI bersama Populix dan melibatkan 1.289 responden menyatakan bahwa indeks optimisme generasi muda Indonesia tahun 2023 ini sebesar 7,77 dari 10. Dengan dimensi pendidikan dan kebudayaan menjadi dimensi yang memiliki indeks optimisme tertinggi, yaitu di angka 8,55.

Kemudian ada dimensi kebutuhan dasar dengan indeks optimisme 8,38. Ekonomi dan kesehatan memiliki indeks optimisme sebesar 8,31. Pada dimensi kehidupan sosial indeks optimisme sebesar 7,87. Dan dimensi politik dan hukum menjadi dimensi yang memiliki indeks optimisme terendah dengan angka 5,72.

Melihat hasil survei tersebut, bisa dibilang para generasi muda Indonesia cenderung pesimis terhadap dimensi politik dan hukum, di mana dimensi politik dan hukum disini mencakup berkurangnya korupsi, pemerintahan yang bersih dan transparan dan penegakan hukum yang adil.

Berkurangnya korupsi di masa depan menjadi unsur pada dimensi politik dan hukum dengan indeks optimisme paling rendah, yaitu 5,43. Sedangkan pada aspek pemerintahan yang bersih dan transparan ada di angka 5,84 dan penegakan hukum yang adil bernilai 5,88.

Indeks Optimisme Generasi Muda Indonesia pada Dimensi Politik dan Hukum
info gambar
Semakin Mendunia, Mahasiswa Indonesia Perkenalkan Mesin Pengolah Tempe di Austria

Selaras dengan hal tersebut, 44% responden survei menganggap bahwa korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang kerap terjadi di berbagai sektor dan berbagai level ini sebagai masalah utama yang dihadapi Indonesia hari ini.

Dilanjutkan dengan permasalahan ekonomi mulai dari ketidaka stabilan harga pangan, rendahnya penghasilan dibandingkan laju inflasi, serta beben utang negara yang kian meninggi. Pada posisi ketiga, ada permasalahan hukum berupa penegakan hukum yang dipersepsikan tidak adil dan ada keberpihakan.

Meski pada dimensi politik dan hukum cenderung pesimis, pada aspek tambahan yakni pemilu, generasi muda cukup optimis dengan angka indeks optimisme 7. Generasi muda optimis dapat ikut berpartisipasi, tetapi masih ada keraguan terkait kinerja penyelenggara pemilu, transparansi, dan apakah akan berlangsung demokratis.

Indeks Optimisme Generasi Muda pada Aspek Pemilu
info gambar

Pemilu menjadi salah satu aspek tambahan atau tematik dalam survei optimisme generasi muda mengingat tahun 2023 ini merupakan tahun politik, di mana banyak kegiatan dilakukan guna mempersiapkan pemilu di tahun 2024.

Di tahun ini banyak kegiatan politik dilakukan, mulai dari pembentukan koalisi partai, penjaringan calon presiden dan calon wakil presiden, sampai dengan kampanye politik untuk mengenalkan para calon kepada masyarakat.

Generasi muda juga memiliki peran penting dalam Pemilu 2024, di mana lebih dari setengah daftar pemilih tetep adalah generasi muda dan masa depan bangsa Indonesia akan sangat ditentukan oleh hasill Pemilu 2024.

Indonesia Mendapat Apresiasi Sebagai Penyelenggara H20 Racing Terbaik

Selain pemilu, aspek tambahan lainnya adalah lingkungan, yang mana permasalahan lingkungan sedang banyak dibicarakan dan menjadi perhatian umum tahun ini, mulai dari polusi udara, polusi air, kerusakan hutan, sampai pemanasan global.

Pada aspek lingkungan terutama mengenai pencegahan kerusakan lingkungan di masa depan, indeks optimisme generasi muda ada pada angka 7,23 yang jika dibandingkan dengan dimensi lainnya, ini termasuk dalam 3 terendah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini