Final Piala Dunia U-17 2023, Sepenggal Kisah dari Budapest yang Terulang di Surakarta

Final Piala Dunia U-17 2023, Sepenggal Kisah dari Budapest yang Terulang di Surakarta
info gambar utama

Piala Dunia U-17 2023 telah usai. Penutupan ajang sepak bola usia muda tingkat dunia tersebut seakan mengulang sebuah kisah dari Budapest.

Berakhirnya Piala Dunia U-17 2023 ditandai dengan laga final yang digelar di Stadion Manahan, Surakarta pada Sabtu (2/11/2023). Dalam laga tersebut, Jerman dan Prancis bertarung memperebutkan gelar juara.

Hasilnya, Jerman menang lewat adu penalti setelah sebelumnya kedua tim bermain dengan cukup ketat dan menghasilkan skor imbng 2-2 pada waktu normal

Jerman membuka keunggulan 1-0 lebih dulu pada menit ke-29 lewat hadiah penalti. Penalti bermula usai Bilal Yalcinkaya dijatuhkan bek Prancis Aymen Sadi. Wasit yang sempat mengecek tayangan VAR lalu menunjuk titik putih, dan Paris Brunner sukses mengeksekusi penalti.

Keunggulan 2-0 bagi Jerman bertahan babak pertama berakhir. Der Panzer kemudian kembali mendapatkan angin segar saat mereka berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Noah Darvich pada menit ke-50.

Gol Darvich dicetak dengan memanfaatkan umpan silang dari Moerstedt. Bola sepakan Darvich sempat mengenai tubuh kiper Prancis, namun tetap masuk ke gawang.

Berada di atas angin, Jerman justru kecolongan tidak lama setelahnya. Hanya berselang dua menit dari gol Darvich, Prancis mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 lewat gol Saimon Bouabre. Wasit sempat mengecek VAR karena gol tersebut kemungkinan offside, namun akhirnya tetap disahkan.

Selepas gol Bouabre, situasi di lapangan yang tadinya lebih didominasi Jerman jadi lebih dikendalikan Prancis. Les Bleus semakin agresif setelah pemain Jerman Winners Osawe diberi kartu kuning kedua pada menit ke-69 usai melanggar Ismail Bouneb. Unggul jumlah pemain, Prancis terus berusaha menggempur lini pertahanan Jerman.

Upaya Prancis membuahkan hasil pada menit ke-85 berkat gol Mathis Amougou yang tercipa lewat sambaran umpan silang dari Tidiam Gomis. Skor 2-2 memaksa kedua tim melanjutkan laga dengan adu penalti yang dituntaskan dengan skor 4-3 bagi kemenangan Jerman.

Mengenang Jasa MH Thamrin untuk Sepak Bola Jakarta Lewat Pameran Arsip Berita

Mengulang Kisah dari Budapest

Kisah yang dimaksud adalah final Piala Eropa U-17 2023. Saat itu, laga berjalan dengan skenario yang mirip dengan final Piala Dunia U-17 2023.

Seperti di Surakarta semalam, final Piala Eropa U-17 2023 juga mempertemukan Jerman dan Prancis. Laga itu digelar di Stadion Hidegkuti Nandor, Budapest pada 2 Juni 2023.

Laga di Budapest juga diakhiri dengan adu penalti. Hasilnya pun Jerman keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4. Bedanya, dramanya tak sebanyak dengan yang di Surakarta.

Sementara empat gol tercipta selama waktu normal di Surakarta, tidak ada gol dalam laga di Budapest. Tak ada pula kartu merah yang dikeluarkan wasit.

Persija dan Sederet Klub yang Mengusung Nama Jakarta di Kancah Sepak Bola Nasional

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini