Toko Khusus Produk RI Buka Cabang di Malaysia, Kontrak Dagang Rp573 Miliar

Toko Khusus Produk RI Buka Cabang di Malaysia, Kontrak Dagang Rp573 Miliar
info gambar utama

Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI memfasilitasi pembukaan toko khusus produk Indonesia cabang keempat di Kuala Lumpur, Malaysia. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI Didi Sumedi memimpin peresmiannya di Strand Mall, kota Damansara, pada Senin (4/12/2023).

Dalam momentum yang sama, pihak terkait dari kedua negara turut melakukan penandatanganan komitmen perdagangan senilai Rp573,2 miliar untuk produk makanan dan minuman. Komitmen tersebut mencakup keperluan toko produk Indonesia di seluruh Malaysia.

“Tahun ini, jumlah komitmen perdagangan dari Malaysia meningkat dibanding tahun sebelumnya,” kata Didi dalam sambutannya.

Menurut Didi, toko produk Indonesia menjadi ujung tombak yang sangat efektif untuk mendorong ekspor, terutama produk usaha kecil dan menengah (UKM). Dia pun mengapresiasi pelaku usaha yang berupaya meningkatkan kinerja ekspor ke Malaysia melalui pembukaan toko khusus produk Indonesia.

Produk Indonesia Merambah Dunia Lewat Halal Expo 2023 di Istanbul

Dia juga menyebut, Malaysia itu salah satu tujuan utama ekspor Indonesia, sehingga penetrasi pasar melalui pembukaan toko ini dianggapnya sebagai langkah nyata yang sangat baik.

“Di tengah menurunnya harga komoditas global, upaya seperti ini sangat perlu dilakukan untuk membantu kinerja perdagangan Indonesia,” pungkas Dedi.

Sementara itu, Duta Besar RI di Kuala Lumpur Indra Hermono mengungkapkan, potensi produk-produk Indonesia di Malaysia sangat terbuka. Hal itu didukung jumlah diaspora Indonesia yang sangat besar di Malaysia.

“Diaspora Indonesia di Malaysia merupakan yang terbesar di dunia, dan ini tentu merupakan pasar tersendiri untuk produk Indonesia di Malaysia,” ucapnya.

Kemendag RI mencatat, total perdagangan Indonesia dan Malaysia periode Januari—September 2023 sudah mencapai 17,3 miliar dolar AS. Dari jumlah tersebut, ekspor nonmigas menyumbang 7,9 miliar dolar AS. Indonesia juga meraup surplus perdagangan nonmigas dengan Malaysia sebesar mencapai 3,57 miliar dolar AS.

Nilai Ekspor Produk Kosmetik Lokal Tembus USD 601 Juta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini