Diminati Klub Milik Zlatan Ibrahimovic, Kemana Shayne Pattynama Akan Berlabuh?

Diminati Klub Milik Zlatan Ibrahimovic, Kemana Shayne Pattynama Akan Berlabuh?
info gambar utama

Nama salah satu pemain baru Timnas Indonesia, Shayne Pattynama ramai diperbincangkan warganet lantaran berpisah dengan klubnya di Benua Biru.

Dia resmi berpisah dengan kontestan Liga Norwegia, Viking FK, dan bersiap menemukan pelabuhan lain setelah hampir tiga tahun membela klub kebanggaan kota Stavanger.

Dilansir dari laman Transfermarkt, Shayne Pattynama tercatat bergabung dengan Viking FK sejak 1 April 2021 dari klub asal Belanda, Telstar SC. Dia pun merupakan salah satu jebolan Akademi Ajax Amsterdam.

Sepak terjang pemain berdarah Maluku itu menyita perhatian, perjalanan barunya sangat ditunggu oleh para pecinta sepakbola Indonesia seperti Kawan GNFI.

Banyak rumor yang berkembang terkait masa depan pemain yang mencetak gol debutnya bagi Timnas Indonesia saat bertandang ke Irak. Gol pelipur lara itu dilesakan Shayne pada Kualifiksi PD 2026, Kamis (16/11/2023).

Dilansir dari CNN Indonesia, Shayne Pattynama lagi-lagi dikaitkan dengan klub kasta tertinggi Liga Swedia, Hammarby IF. Klub milik megabintang Zlatan Ibrahimovic itu bisa jadi salah satu opsi yang pantas dipilih oleh Shayne.

Pada pertengahan 2023, Hammarby menunjukan keseriusannya untuk merekrut sang pemain. Klub tersebut memberikan tawaran sebesar 1,6 juta Krona Swedia atau sekitar Rp 2,3 miliar kepada manajemen Viking FK, sayangnya negosiasi menemui kebuntuan.

Viking FK menilai tawaran untuk Shayne terlalu rendah. Padahal saat itu Hammarby tengah memperkuat kedalaman skuadnya untuk mengarungi Kualifikasi UECL (Kompetisi kasta ketiga milik UEFA) 2023/2024.

Kemudian, Shayne mungkin saja kembali ke Negeri Kincir Angin. Dia pun diketahui sempat bermain untuk Jong Utrecht, sebelum berlabuh di Telstar FC pada 1 Juli 2019. Klub-klub asal Belanda bisa jadi tempat transit untuk mempertahankan kualitas kompetisi baginya.

Timnas Indonesia diketahui akan menjalani pemusatan latihan di Turki mulai 20 Desember 2023. Terbuka peluang bagi Shayne Pattynama dan agennya untuk menjajaki kerjasama dengan klub-klub di negara yang dipimpin Presiden Erdogan itu.

Pada hari Minggu, 10 Desember 2023 pemain tersebut diketahui sudah berada di kota Istanbul. Keberadaanya di Konstantinopel terlihat dari postingannya di Instagram pribadinya @s.pattynama.

Namun, keberadaannya di pusat ekonomi Turki itu belum diketahui tujuannya. Apakah benar-benar akan melakukan penjajakan dengan klub di negara tersebut atau bukan?

Dilansir dari IDN Times, saat ini terdapat enam klub besar dari Istanbul yang berkompetisi di Turki Super Lig. Berikut ini daftar klub terkenal yang ada di kota tersebut:

1. Besiktas

Besiktas berdiri pada 3 Maret 1903, klub ini telah mengoleksi 15 gelar juara Liga Turki. Klub berjuluk Kara Kartallar ini pun dikenal memiliki penonton fanatik dan berisik di kandang mereka yaitu Vodafone Park, maupun di media sosial.

2. Fatih Karagumruk

Fatih Karagumruk berdiri sejak tahun 1926, bermarkas di stadion paling besar di Kota Istanbul. Klub yang dihuni pemain hebat macam Lucas Biglia, Fabio Borini, dan Emiliano Viviano bermarkas di Ataturk Olympic Stadium yang bisa menampung 76,7 ribu penonton.

3. Fenerbahce

Fenerbahce didirikan pada 3 Mei 1907 oleh para pemuda lokal yang mewakili kelas pekerja. Klub ini bermarkas di Surku Saracoglu Stadium dan sudah mengoleksi 19 gelar juara Liga Turki.

4. Galatasaray

Galatasaray berdiri sejak 20 Oktober 1905, klub berjuluk Aslanlar ini bermarkas di Turk Telekom Stadium yang bisa menampung 52.600 penonton. Galatasaray berpredikat sebagai klub terbesar dan paling sukses di Liga Turki sejauh ini. Total 22 gelar liga domestik dan 1 gelar UEFA Cup sudah menjadi koleksinya.

5. Kasimpasa

Kasimpasa berdiri pada 15 Januari 1921, memiliki stadion bernama Recep Tayyip Erdogan Stadium yang berlokasi di Distrik Beyoglu, Istanbul. Sesuai dengan nama stadionnya, klub ini dijuluki klub kesayangan Presiden Turki saat ini.

6. Istanbul Basaksehir

Istanbul Basaksehir awalnya didirikan pada 1990 dengan nama Istanbul Buyuksehir Belediyespor. Pada 4 Juni 2014, klub ini melakukan penjenamaan dengan mengubah nama menjadi Istanbul Basaksehir hingga saat ini.

Klub yang bermarkas di Fatih Terim Stadium ini dikenal sebagai kesebelasan yang paling dibenci oleh para fans lawan di Turki. Alasannya, klub ini sarat akan muatan politik dan dikait-kaitkan dengan kampanye politik dari Presiden Turki saat ini, Recep Tayyip Erdogan.

Bukan hanya pindah ke klub Eropa, Shayne bisa saja berkiprah di kompetisi sepak bola Asia yang berkualitas seperti para pendahulunya. Akankah dia mengikuti jejak Irfan Bachdim, Pratama Arhan, hingga Asnawi Mangkualam Bahar yang sempat dan sedang bermain di Jepang dan Korea Selatan.

Segala kemungkinan bisa terjadi ya, Kawan GNF. Ke manapun Shayne Pattynama berlabuh, semoga performanya tetap terjaga dan mengukir prestasi bersama Timnas Indonesia.

Referensi:

  • https://www.idntimes.com/sport/soccer/amp/mufqi-fajrurrahman/klub-turki-yang-berasal-dari-istanbul-c1c2?page=all#page-2
  • https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20231208153734-142-1034749/calon-klub-baru-shayne-pattynama-dari-eropa-hingga-asia
  • https://www.transfermarkt.co.id/shayne-pattynama/transfers/spieler/409335/transfer_id/3296175

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini