Justin Hubner Menambah Deretan Pemain Naturalisasi. Akankah Timnas Indonesia Semakin Kuat?

Justin Hubner Menambah Deretan Pemain Naturalisasi. Akankah Timnas Indonesia Semakin Kuat?
info gambar utama

Pesepakbola Justin Hubner telah melakukan sumpah dan janji setia pewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu 6 Desember 2023. Dengan demikian, dia resmi menjadi WNI dan dapat membela Timnas Indonesia dalam pertandingan resmi.

Pemain bernama lengkap Justin Quincy Hubner sudah melewati prosedur naturalisasi, seperti persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI dan persetujuan Jokowi melalui Keppres permohonan naturalisasi.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Federasi telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya sebelum Justin. Mereka adalah Jordi Amat, Rafael Struick, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Kelima pemain itu sudah bertanding di laga resmi Timnas Indonesia.

Justin Hubner yang punya darah Indonesia dari kakeknya itu pun tentu akan segera merumput dengan para punggawa Garuda lainnya.

Tim asuhan Shin Tae Yong juga akan melakukan pemusatan latihan di Turki pada 20 Desember mendatang, tampaknya pemain kelahiran Belanda itu pun akan bergabung jika diizinkan oleh Wolverhampton Wanderers.

Dilansir dari Transfermarkt, Justin Quincy Hubner lahir 14 September 2003 di Den Bosch, Belanda. Pemuda 20 tahun ini tercatat sebagai pemain Wolverhampton Wanderers U21 sejak 1 Januari 2022, dan kontraknya akan berakhir 30 Juni 2025.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu awalnya tergabung di VV TGG, lalu bergabung dengan Willem II pada 2013, selanjutnya dia menjadi bagian dari Brabant United sampai 2017. Sejak 2017 sampai 2020, dia bermain untuk klub di kota kelahirannya yaitu Den Bosch hingga pindah ke Wolves U18 pada 13 Januari 2020.

Justin Hubner menjalani debutnya di Liga Nasional/Domestik Belanda, Hooftdklasse A Saturday bersama Den Bosch yang dilatih oleh Erik van der Ven pada 25 Mei 2019. Saat menghempaskan XervesDZB dengan skor 6-1 itu, usia Justin baru 15 tahun 8 bulan 11 hari.

Selanjutnya, pada usia 16 tahun 5 bulan 8 hari tepatnya 22 Februari 2020, dia menjalani debut dalam kompetisi U18 Premier League. Saat itu dia membela Wolverhampton Wanderers U18 yang dilatih oleh Steve Davis, dan mereka berhasil menumbangkan Middlesbrough FC U18 lima gol tanpa balas.

Menurut Ketum PSSI, Erick Thohir, Kehadiran Justin Hubner memperkuat komposisi Timnas Indonesia.

Mendapatkan status WNI menjadi hal luar biasa bagi Justin, dia pun berterima kasih kepada Ketum PSSI dan pemerintah Indonesia. Bek sayap kiri itu menyatakan siap memberikan yang upaya terbaiknya untuk membela negara.

“Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan,” ungkap Justin seperti dikutip dari laman resmi PSSI pada 9 Desember 2023.

“Saya juga sudah tidak sabar bermain bersama Indonesia. Laga terdekat tentu bermain di Piala Asia 2023 di Qatar. Semoga kami dapat meraih prestasi terbaik di ajang tersebut dan ingin membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 mendatang,” tambahnya.

Patut kita tunggu nih, Kawan GNFI, apakah harapan dan tekat Justin akan sesuai dengan performanya di atas Lapangan. Apalagi, baru-baru ini nama dia masuk dalam daftar pemain cadangan The Wolves saat bertandang ke Stadion Emirates, London pada 2 Desember 2023.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia, Justin juga membuat KTP di Disdukcapil dan Paspor di Kantor Imigrasi. Semoga hadirnya Justin Hubner betul-betul menambah kekuatan bagi Timnas Indonesia sehingga memberikan kejutan di Piala Asia nanti. Terus dukung Timnas kita ya, Kawan GNFI.

Sumber:

  • https://www.pssi.org/news/justin-hubner-resmi-menjadi-wni
  • https://www.transfermarkt.co.id/justin-hubner/profil/spieler/678641

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini