Jenis-Jenis Jabatan, Sistem Kenaikan Pangkat PNS dan Syaratnya

Jenis-Jenis Jabatan, Sistem Kenaikan Pangkat PNS dan Syaratnya
info gambar utama

Dalam sistem pemerintahan di Indonesia, memiliki para pegawai yang sering disebut Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka adalah orang-orang yang sudah diangkat secara tetap yang bekerja pada tingkatan koordinasi pusat baik pemerintah pusat, lembaga pemerintahan pusat lainnya, hingga pejabat daerah.

Tahukah Kawan jika Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu bagian integral dari sistem pemerintahan di Indonesia yang dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya memiliki berbagai jenis jabatan yang dapat diisi sesuai kemampuan dan kebutuhan sebuah instansi.

Sistem kenaikan pangkat menjadi salah satu bagian yang cukup penting dalam karir seorang PNS, dan untuk mencapai tingkat dan jabatan tersebut, terdapat syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi loh Kawan.

Baca juga :Mengenal Urutan Pangkat Golongan PNS di Indonesia

Yuk cari tahu mengenai jenis-jenis jabatan, sistem kenaikan pangkat PNS, dan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang PNS di bawah ini.

Jenis-jenis Jabatan dalam PNS

1. Jabatan Struktural

Jabatan struktural merupakan jabatan yang terkait langsung dengan struktur organisasi dalam pemerintahan. Contoh jabatan struktural yaitu kepala dinas, kepala bagian, dan eselon lainnya. Pemilihan untuk jabatan struktural biasanya akan melibatkan proses seleksi dan penempatan berdasarkan kualifikasi serta pengalaman yang sesuai.

2. Fungsional

Jabatan fungsional sendiri akan berkaitan dengan keahlian atau spesialisasi tertentu dari seorang pegawai. PNS yang menempati jabatan ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih spesifik dan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Contoh jabatan fungsional melibatkan profesi seperti dokter, insinyur, dan akuntan.

3. Umum

Jabatan umum yaitu sebuah jabatan yang mencakup berbagai bidang tanpa spesialisasi tertentu. PNS yang menempati jabatan ini akan bertanggung jawab yang jauh lebih umum dan seringkali melibatkan tugas administratif. Contoh jabatan umum antara lain adalah staf administrasi dan asisten pada sebuah instansi.

Sistem Kenaikan Pangkat PNS

Berikut adalah sistem kenaikan pangkat PNS:

1. Kenaikan Pangkat Otomatis

Kenaikan pangkat secara otomatis akan dilihat berdasarkan masa kerja dan prestasi kerja yang telah dicapai oleh seorang PNS. Masa kerja yang baik serta pencapaian prestasi tertentu dapat menjadi kriteria yang dinilai dalam kenaikan pangkat secara otomatis.

2. Kenaikan Pangkat Melalui Seleksi

Beberapa jabatan akan memerlukan kenaikan pangkat dengan proses seleksi yang ketat. Proses ini melibatkan penilaian terhadap kualifikasi, kompetensi, dan potensi dari calon PNS yang bersangkutan.

3. Kenaikan Pangkat Jarak Jauh

Kenaikan pangkat jarak jauh biasanya akan dilakukan dengan melibatkan sebuah proses pembelajaran dan pengembangan diri seorang PNS. Kenaikan pangkat ini melalui sebuah pelatihan dan pendidikan lanjutan yang dilihat dari seorang PNS yang dapat memenuhi syarat untuk naik pangkat.

Syarat Kenaikan Pangkat PNS

1. Pendidikan dan Kualifikasi

Seorang PNS yang ingin naik pangkat biasanya harus memenuhi persyaratan-persyaratan seperti pendidikan dan kualifikasi tertentu sesuai dengan jabatan yang diinginkan.

2. Masa Kerja

Masa kerja yang dihabiskan sebagai seorang PNS tentu menjadi faktor penting yang ada dalam proses kenaikan pangkat. Seorang PNS dengan pengalaman kerja yang panjang dapat menjadi nilai tambah untuk masa kerja yang sudah dilalui.

3. Prestasi Kerja

Prestasi kerja yang dicapai oleh seorang PNS akan sangat berperan dalam menentukan apakah seseorang dapat memenuhi syarat untuk naik pangkat atau belum. Kontribusi yang positif dari seorang PNS terhadap tugas dan tanggung jawabnya dapat menjadi penilaian positif untuk menunjang masa depan dan prestasi kerjanya.

Itulah jenis-jenis jabatan, sistem kenaikan pangkat PNS dan Syaratnya jika Kawan bercita-cita ingin menjadi seorang PNS.

Referensi Artikel:
https://campus.quipper.com/careers/pegawai-negeri-sipil-pns
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5694166/mengenal-kenaikan-pangkat-pns-dan-macam-macam-jenisnya
https://bkd.ntbprov.go.id/informasi-umum/berita/mengenal-kenaikan-pangkat-pns
https://bkd.tanjungbalaikota.go.id/kenaikan-pangkat-pns/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini