5 Ruas Tol Trans-Sumatra Beroperasi Gratis Selama Libur Nataru

5 Ruas Tol Trans-Sumatra Beroperasi Gratis Selama Libur Nataru
info gambar utama

Lima ruas tol trans-Sumatra akan beroperasi secara gratis selama libur hari raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kabar ini diumumkan Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Instagram pada Sabtu (16/12/2023).

“Ada kabar gembira nih buat #SahabatPUPR yang ingin pulang kampung atau berlibur ke Sumatra pada akhir tahun ini, sebab 5 ruas tol trans-Sumatra akan dioperasikan secara gratis selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” tulis Kementerian PUPR RI.

Berikut daftar ruas tol trans-Sumatra yang beroperasi gratis selama libur Nataru 2023/2024:

1. Jalan Tol Seksi Indralaya—Prabumulih, Sumatra Selatan

Jalan Tol Indralaya—Prabumulih terbentang sepanjang 64,5 kilometer (km) merupakan bagian dari Jalan Indralaya—Muara Enim. Jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh rute Palembang—Prabumulih menjadi hanya 1 jam, termasuk menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

2. Jalan Tol Segmen Statbat—Kuala Bingai, Sumatra Utara

Panjang jalan tol ini 8 km dan termasuk bagian dari Jalan Tol Binjai—Langsa. Ruas tol ini akan mendukung konektivitas dari Binjai menuju Medan yang berjarak 17 km serta dari Medan ke Bandara Internasional Kualanamu yang berjarak 42 km.

Tol Baru Siap Beroperasi untuk Libur Nataru, Apa Saja?

3. Jalan Tol Seksi Indrapura—Lima Puluh, Sumatra Utara

Jalan tol Seksi Indrapura—Lima Puluh memiliki panjang 15 km dan merupakan bagian dari Jalan Tol Indrapura—Kisaran. Ruas tol ini terhubung dengan Jalan Tol Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi dan Jalan Tol Kuala Tanjung—Tebing Tinggi—Parapat.

4. Jalan Tol Seksi Tebing Tinggi—Indrapura, Sumatra Utara

Ruas tol ini merupakan seksi 1 dari Jalan Tol Kuala Tanjung—Tebing Tinggi—Parapat yang panjangnya 26,23 km. Jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Medan ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba menjadi 1,5 jam.

5. Jalan Tol Blang Bintang—Baitussalam, Aceh

Panjang jalan tol ini 12,7 km, terbagi atas seksi 5 (Blang Bintang—Kuta Baro) dan Seksi 6 (Kuta Baro—Baitussalam) dari Jalan Tol Sigli—Banda Aceh. Sebelumnya, seksi 2—4 (Seulimeum—Blang Bintang) sepanjang 35,8 km telah beroperasi terlebih dahulu.

Jasa Marga Dapat Kredit Rp7 Triliun, Kebut Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini