Tol Baru Siap Beroperasi untuk Libur Nataru, Apa Saja?

Tol Baru Siap Beroperasi untuk Libur Nataru, Apa Saja?
info gambar utama

Dalam menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) melalui perjalanan darat, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan persiapan untuk memberikan pelayanan.

Saat ini, panjang jaringan jalan nasional di Indonesia mencapai 47.603 km dengan tingkat kemantapan rata-rata sebesar 92,2%. Selain itu, jalan tol yang telah beroperasi memiliki panjang sekitar 2.816 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan jaringan jalan tol dan jalan nasional guna mendukung kelancaran arus lalu lintas bagi masyarakat yang merayakan momen tersebut melalui perjalanan darat.

"Pembangunan jalan tol hingga akhir 2023 ditargetkan sepanjang 357 km. Sampai November 2023 sepanjang 236 km sudah dioperasikan, selanjutnya sepanjang 121 km juga akan dapat dioperasikan fungsional pada saat Nataru," kata Menteri Basuki, dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

UntukJaringan jalan tol di Pulau Jawa memiliki panjang total 1.782 km dengan 92 Titik Istirahat dan Pelayanan (TIP). Peningkatan tersebut mencakup penambahan sepanjang 90,6 km pada ruas tol yang beroperasi di Pulau Jawa, yang meliputi:

  • Tol Cinere-Jagorawi ruas Kukusan-Jc.Krukut dan Ramp JC Krukut
  • Tol Cinere-Jagorawi ruas JC Krukut- Cinere
  • Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu ruas Jakasampurna-Marga Jaya
  • Tol Cimanggis-Cibitung ruas Jatikarya-Cikeas
  • Tol Serpong-Cinere ruas Pamulang-Cinere
  • Tol Cibitung-Cilincing ruas IC.Tarumajaya-JC Cilincing
  • Tol Pasuruan-Probolinggo ruas Probolinggo Timur-Gending
  • Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak
  • Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan ruas Cimalaka-DawuanTol Semarang-Demak ruas Sayung-Demak.

"Tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA ruas Kartasura-Karanganom juga akan difungsionalkan selama nataru. Sedangkan jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan sepanjang 4.581 km," jelas Menteri Basuki.

Mengenal Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di 5 Pulau di Indonesia

DiLuar Jawa

Berikutnya, di Pulau Bali, Tol Bali-Mandara dengan panjang 10,1 km sudah beroperasi, bersama dengan jalan nasional sepanjang 364,6 km. Sementara itu, di Pulau Sumatra, terdapat ruas jalan nasional sepanjang 7.467 km yang sudah siap digunakan.

Tambahan panjang ruas tol yang telah beroperasi di Pulau Sumatra mencapai 146 km, meliputi:

  • Tol Sigli-Banda Aceh ruas Blang Bintang-Kutobaru-Baitussalam
  • Tol Binjai-Langsa ruas Stabat-Kuala Bingai
  • Tol Simpang Indralaya-Muara Enim ruas Indralaya-Prabumulih
  • Tol Indrapura-Kisaran ruas Indrapura-Lima Puluh
  • Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat ruas Tebing Tinggi-JC.Indrapura dan Segmen JC.Indrapura-SS Indrapura
  • Tol Binjai-Langsa ruas Kuala Bingai-Tanjung Pura
  • Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat
  • Tol Bangkinang-Tanjung Alai
  • Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura juga akan difungsionalkan selama libur Nataru.

Selanjutnya, di Pulau Kalimantan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan panjang 97 km, disertai dengan ruas jalan nasional seluas 5.563 km. Di Pulau Sulawesi, terdapat jalan tol beroperasi sepanjang 62 km, termasuk Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1-3, Tol Makassar Seksi 4, dan Tol Manado-Bitung.

Tambahan ruas tol operasional/fungsional juga dilakukan, seperti akses Makassar New Port tahap 1 dan 2. Ruas jalan nasional yang siap digunakan di Pulau Sulawesi mencapai 18.782,8 km.

"Kami juga melakukan peningkatan jalan daerah melalui Inpres Jalan Daerah, di antaranya untuk jalan akses jalan tol di Lampung, akses pariwisata di Sumatra Utara, akses ke Puncak Bogor, serta ruas Paseh-Congeang untuk mendukung exit Tol Cisumdawu," kata Menteri Basuki.

Kementerian PUPR berkomitmen untuk menjamin bahwa kegiatan perbaikan jalan tidak akan dilakukan paling lambat H-10 jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Mereka akan menyediakan aplikasi BPJT Info untuk memberikan informasi terkini kepada pengguna jalan.

Selain itu, fasilitas pendukung seperti toilet cabin, mobil tangki air, bis toilet, vacum tinja, dan hidran umum juga akan disiapkan. Tim tanggap bencana juga akan ditempatkan di titik-titik rawan bencana untuk respons cepat.

Heboh Aliran Sungai di Atas Jalan Tol Cijago, Bagaimana Penjelasannya?

Referensi:

Indonesia.go.id. Inilah Tol Baru untuk Libur Nataru. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7827/inilah-tol-baru-untuk-libur-nataru?lang=1

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini