Proyeksi Tren Ekonomi Kreatif untuk Tahun 2024, Apa Saja?

Proyeksi Tren Ekonomi Kreatif untuk Tahun 2024, Apa Saja?
info gambar utama

Empat tren dalam sektor ekonomi kreatif untuk tahun 2024 telah diproyeksikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf), menyampaikan dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) bahwa empat tren pada tahun 2024 yang diproyeksikan mencakup Audio Visual, Mobile Game, Musik, dan Kolaborasi.

Wamenparekraf menyatakan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf telah merancang strategi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan prinsip produktif, inklusif, dan berkelanjutan.

“Tiga prinsip ini yang akan diturunkan dalam berbagai rencana Program Kerja Tahun 2024,” kata Wamenparekraf dalam keterangan resmi.

Indonesia Sukses Prakarsai Resolusi PBB untuk Ekonomi Kreatif

Bagaimana upaya pengembangannya?

Trend audio visual, menurut Angela, melibatkan generasi muda yang sangat aktif dalam pembuatan konten. Fenomena ini semakin diperkuat oleh ketersediaan berbagai platform yang dapat diakses oleh generasi muda, memungkinkan pengembangan lebih lanjut.

Angela juga mengungkapkan bahwa tahun 2024 akan menyaksikan transformasi mobile game dari sekadar hiburan menjadi profesi.

Terkait perkembangannya, saat ini emerintah saat ini sedang merumuskan Peraturan Presiden (Perpres), yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2023, sebagai wujud dukungan pemerintah terhadap perkembangan industri game di Indonesia.

Selain itu, ekosistem dalam industri game juga sedang dibangun. Sehingga bukan hanya dari segi pemberian fasilitas dan pengembangan untuk para pemainnya saja, tetapi infrastrukturnya juga sedang diupayakan agar kedepannya industri ini bisa menciptakan e-sport tourism.

“Kita melihat bahwa sekitar 25 triliun market game di Indonesia, tetapi lebih dari 99 persen adalah game asing, kita di sini terus melakukan agar bagaimana game-game Indonesia yang bisa dimainkan oleh pemain game lokal kita, juga semakin mendunia,” kata Wamenparekraf.

Kemenparekraf/Baparekraf pun terus mendorong pengembangan industri game tanah air dengan berkolaborasi dengan developer game untuk memperkuat ekosistem industri game Indonesia.

"Maka, akan banyak wisatawan pemain pemain game ini yang datang ke Indonesia untuk bisa menikmati Indonesia, dan mereka pasti follower-nya banyak dengan engagement yang tinggi, jadi ini kita bisa manfaatkan untuk mempromosikan Indonesia,” kata Angela.

Hal ini juga berlaku untuk tren musik di tahun 2024 akan terus berkembang berkat keberadaan platform baru yang memberikan para musisi kesempatan untuk berkreasi. Dalam rangka itu, Kemenparekraf/Baparekraf akan terus mendorong perlindungan hak kekayaan intelektual (IP) bagi para musisi.

Terakhir, kolaborasi antar subsektor terus diperkuat untuk menciptakan nilai tambah dalam produk ekonomi kreatif, seperti integrasi antara subsektor film dan kuliner, atau fesyen dengan film.

Prospek Industri Kreatif Kian Moncer di 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini