Mengapa Imlek Identik dengan Warna Merah?

Mengapa Imlek Identik dengan Warna Merah?
info gambar utama

Melihat meriahnya suasana Imlek, mungkin akan muncul pertanyaan mengapa dekorasinya didominasi warna merah. Bukan tanpa alasan, memang ada makna spesial di baliknya.

Setiap momen tahun baru Imlek tiba, suasana di berbagai daerah biasanya ikut berubah. Hiasan dan ornamen berwarna merah ada di mana-mana, kelenteng ramai oleh orang yang beribadah, barongsai juga tak ketinggalan diperagakan. Di dunia maya pun demikian. Setiap konten berisi ucapan Selamat Imlek biasanya dibuat dengan warna dominan merah.

Soal mengapa Imlek identik dengan warna merah, perlu diketahui bahwa dalam kebudayaan Tionghoa, warna tersebut punya makna yang begitu positif. Seperti apa?

Ketika Masyarakat Betawi "Ngamen" untuk Orang Tionghoa saat Perayaan Imlek

Makna Warna Merah dalam Perayaan Imlek

Warna merah dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kegembiraan. Itulah mengapa hampir semua pernak-pernik Imlek berwarna merah.

Lalu, apa saja pernak-pernik berwarna yang biasa ditemui saat Imlek? Yang paling jelas terlihat adalah pakaian. Sebagaimana layaknya seseorang yang sedang menyambut hari istimewa, mereka yang merayakan Imlek sudah tentu berhias dengan mengenakan pakaian terbaik yang mereka punya. Cobalah datang ke kelenteng saat Imlek, akan terlihat ramainya orang-orang yang sedang beribadah dengan pakaian merah.

Pernak-pernik berikutnya adalah lampion. Pada jaman dulu, lampion digunakan sebagai lampu penerang. Kini setelah penerangan banyak mengandalkan tenagaistrik, lampion tak lagi dipakai sebagai lampu, melainkan hiasan.

Saat Imlek tiba, lampion akan digantung di rumah atau jalanan. Jelang berakhirnya Imlek, lampion juga akan diterbangkan kde langit. Nah, lampion-lampion ini juga tak ketinggalan berwarna merah.

Lampion merah pun punya makna spesial. Lampion menyimbolkan seseorang yang telah melewati tahun yang sudah berlalu, kemudian menyambut tahun baru dengan hoki.

Kemudian pernak-pernik yang mungkin paling ditunggu-tunggu adalah amplop berwarna merah atau yang juga disebut angpao. Sudah pasti, amplopnya berisi uang, dan biasanya diberikan kepada anak-anak, orang tua, dan kerabat sebagai tanda kasih sayang dan keberuntungan.

Selain merah, sebenarnya ada satu lagi warna yang identik dengan imlek, yaitu emas yang melambangkan kemakmuran. Warna merah dan emas biasanya bersanding, namun dengan warna merah yang lebih dominan.

Ternyata Ini Maksud Larangan Menyapu dan Keramas Saat Imlek

Referensi:

  • https://www.bbc.co.uk/bitesize/topics/zjkc92p/articles/zff8g7h
  • https://apnews.com/article/lunar-new-year-asian-american-chinese-dragon-19193a1cef494e2fea5416b0316aa58b

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini