Harum Semerbak Kembang Sedap Malam untuk Perayaan Imlek, Bawa Rezeki?

Harum Semerbak Kembang Sedap Malam untuk Perayaan Imlek, Bawa Rezeki?
info gambar utama

Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat selalu ramai menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Puluhan stand berjejer di mulut pasar Rawa Belong menjajakan bunga. Salah satu yang diincar oleh masyarakat Tionghoa adalah bunga sedap malam.

Wangi semerbak dari bunga sedap malam ini bisa menenangkan hati orang-orang di sekitarnya. Lantaran wanginya yang khas, tak heran bunga yang dijuluki sebagai dangerous pleasure atau kesenangan yang berbahaya selalu dicari untuk perayaan Imlek.

Mengenal Lebih Dekat 5 Kawasan Pecinan di Indonesia

Menurut beberapa penjual, saat Imlek sudah menjadi barang wajib bagi masyarakat Tionghoa untuk mengunjungi Rawa Belong salah satunya adalah untuk membeli kembang sedap malam.

“Kalau menjelang Imlek yang paling laku ya sedap malam. Udah khasnya begitu. Setelah itu baru mawar merah,” kata penjual bunga di Rawa Belong, Abdul yang dimuat dari Intisari.

Aroma yang khas

Lili, seorang warga Tionghoa yang berdomisili di Puri Kembangan selalu datang ke Pasar Rawa Belong untuk membeli bunga sedap malam. Dirinya membeli bunga itu karena aromanya yang khas dan tahan lama.

“Sudah enam tahun terakhir selalu beli sedap malam di pasar ini. Sengaja beli sedap malam biar rumah wangi dan segar,” katanya.

Kenapa Saat Imlek Wajib Makan Mie Tapi Dilarang Makan Bubur?

Ada juga Aini Hisani yang tak pernah absen untuk membeli kembang sedap malam menjelang Imlek. Hal ini karena sedap malam baginya telah menjadi ciri khas tersendiri untuk memeriahkan hari raya tersebut.

“Sebenarnya gak wajib, tapi kaya sudah menjadi keharusan. Bukan buat ritual keagamaan, tapi buat nambah keceriaan dan semangat aja sih sebenarnya,” ujarnya.

Permohonan rezeki

Ternyata bukan saja karena aroma, bagi masyarakat Tionghoa bunga sedap malam bisa membawa rezeki. Karena itulah bunga sedap malam biasanya dipasang di rumah untuk menetralkan aroma dupa saat sembahyang.

“Bunga sedap malam juga menjadi permohonan semoga rezeki, hoki, dan masa depan akan wangi seperti bunga ini,” ujar Christina yang dinukil dari Genpi.

Mengenal Tradisi Tahun Baru Imlek 2024, Semakin Dekat!

Biasanya harga setangkai bunga sedap malam dibanderol Rp15 ribu. Namun harga satu bucket jauh lebih mahal. Satu bucket yang berisi beberapa tangkai sedap malam dan anggrek dibanderol dengan harga Rp120 ribu - Rp200 ribu.

“Kalau jelang Imlek, sepertinya naik, deh,” ucapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini