Pertamina Temukan Cadangan Minyak 1,4 Miliar Barel Sepanjang 2023

Pertamina Temukan Cadangan Minyak 1,4 Miliar Barel Sepanjang 2023
info gambar utama

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil menemukan cadangan minyak baru sebesar 1,4 miliar barel (BBOE) sepanjang 2023. Jumlah tersebut telah dicatat melalui mekanisme validasi cadangan pada tahun lalu.

”Temuan sumber daya migas menunjukkan optimisme bahwa Indonesia masih memiliki potensi yang besar,” ungkap Direktur Eksplorasi PHE, Muharram Jaya Panguriseng, di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Seluruh cadangan minyak itu diperoleh melalui kegiatan eksplorasi di area blok yang dikembangkan secara penuh. Menurut Muharram, kebutuhan energi minyak dan gas di dalam negeri secara volumetrik akan terus meningkat setiap tahun berdasarkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Maka dari itu, eksplorasi migas menjadi kunci dari keberlanjutan pasokan energi untuk menemukan sumber daya dan memastikan ketersediaan energi primer tetap terjaga. Migas terutama gas, kata dia, kunci penting dalam pemenuhan energi saat ini dan era transisi menuju energi terbarukan. Hal ini selaras dengan kebutuhan energi nasional yang terus meningkat hingga 2050. Eksplorasi PHE konsisten mendukung program itu melalui penemuan eksplorasi, sebanyak 55 persen didominasi oleh gas.

RI Incar Migas Venezuela, Pemilik Cadangan Minyak Terbesar di Dunia

Muharram menerangkan bahwa aktivitas eksplorasi pada 2023 mengalami peningkatan signifikan daripada tahun sebelumnya. Kegiatan pengeboran naik hingga 18 persen, 20 sumur selesai dan 6 sedang berlangsung. Lalu, survei seismik 3D hingga 268 persen atau 1.512 km2, dan penambahan New Prospective Resources naik hingga 128 persen (telah dicatatkan 1,3 BBOE).

Di samping itu, investasi eksplorasi PHE juga meningkat sesuai dengan aktivitas yang berjalan, tapi finding cost mengalami penurunan. Meski begitu, kegiatan eksplorasi telah dilakukan secara efektif dan efisien.

Keberhasilan Eksplorasi PHE di 2023 berakar dari strategi Infrastructure Led Exploration (near field exploration) yang mencari penemuan-penemuan baru di area yang sudah mature dan Open Area Exploration (Emerging and Frontier Exploration) dengan fokus mencari Wilayah Kerja baru dengan target penemuan raksasa (giantdiscovery).

"Dalam upaya meningkatkan rasio temuan sumber daya per struktur, PHE akan melakukan perimbangan portofolio antara pengeboran eksplorasi di lokasi yang berada dekat lapangan produksi dan pengeboran eksplorasi di area baru yang belum digarap sebelumnya," lanjut Muharram.

Saat ini, PHE tengah gencar melakukan evaluasi bawah permukaan dan mempersiapkan pengeboran eksplorasi di lepas pantai Matindok, East Natuna, dan blok eksplorasi baru lainnya.

“Saat ini adalah momentum terbaik bagi PHE mempersiapkan proyek pengeboran laut dalam untuk menggali potensi temuan sumber daya baru yang besar,” pungkas Muharram.

Geger Penemuan Cadangan Minyak 92,79 Juta Barel di Tambun Bekasi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini