Geger Penemuan Cadangan Minyak 92,79 Juta Barel di Tambun Bekasi

Geger Penemuan Cadangan Minyak 92,79 Juta Barel di Tambun Bekasi
info gambar utama

Pertamina Hulu Energi (PHE) mengumumkan Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyimpan potensi cadangan minyak baru sebanyak puluhan juta barel yang diberinama East Pondok Aren (EPN-001).

Dilansir dari Jawa Pos, Selasa (19/12/2023), Direktur PT Pertamina Hulu Energi Muharram Jaya Panguriseng mengatakan bahwa pihaknya telah memastikan adanya sumur minyak itu setelah dilakukan pengeboran dan pengujian terhadap material awal yang keluar.

East Pondok Aren yang berada di lahan mature milik Pertamina EP ini telah dilakukan pengamatan sejak Agustus 2023. Proses discovery dari Drill Stem Test (DST) 2 saat ini masih on-progress untuk DST 3 dengan cadangan minyak mencapai 92,79 juta barel.

“Harta karun” hidrokarbon

Selain minyak, PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina berhasil memperoleh tambahan sumber daya hidrokarbon dari pengeboran dua sumur eksplorasi di Provinsi Jawa Barat, yakni East Akasia Cinta (EAC-001).

Sumur yang berada di wilayah kerja PEP Jatibarang Field ini memiliki laju alir minyak sebesar 30 BOPD, gas sebesar 2,08 MMSCFD, dan kondensat setara 15,05 BPCD berdasarkan uji alir produksi (Drill Stem Test/DST).

Temuan cadangan sumber daya alam ini sangat penting untuk mendukung program pemerintah di sektor energi nasional guna mencapai target produksi gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) dan minyak 1 juta barel per hari pada 2030.

Ada Ladang Minyak di Hutan Lindung Papua, Potensi 27 Miliar Barel

Gas “jumbo” di Kalimantan

Beberapa waktu lalu, perusahaan migas asal Italia, Eni, menemukan “harta karun” berupa cadangan gas yang diperkirakan berpotensi sebesar 5 triliun kaki kubik (TCF) di sumur eksplorasi Geng North-1, sekitar 85 km dari Kalimantan Timur.

Berkat lokasi dan ukurannya yang signifikan, penemuan ini berpotensi memberikan kontribusi besar terhadap penciptaan pusat produksi baru di wilayah utara Cekungan Kutai yang akan terhubung dengan fasilitas LNG Bontang.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, temuan cadangan gas tersebut cukup menggembirakan bagi industri hulu migas RI. Terlebih potensinya yang digadang-gadang termasuk temuan eksplorasi terbesar di dunia pada 2023.

Cadangan Minyak RI Bertambah 599 Juta Barel, Nilainya Rp156 Triliun

Referensi:

Jawa Pos. Pertamina Temukan Sumur Minyak di Tambun Bekasi, Cadangan Minyaknya Mencapai 92,79 Juta Barel. https://www.jawapos.com/nasional/013611502/pertamina-temukan-sumur-minyak-di-tambun-bekasi-cadangan-minyaknya-mencapai-9279-juta-barel

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini