Sistem Hitungan Permainan Bola Voli, Aturan, Hingga Cara Cetak Skor

Sistem Hitungan Permainan Bola Voli, Aturan, Hingga Cara Cetak Skor
info gambar utama

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer, dari anak kecil hingga dewasa pasti mengetahui bahkan menggemari olahraga yang satu ini. Sama seperti sepak bola, olahraga ini juga mengandalkan kerja sama tim agar dapat memenangkan pertandingan.

Selain itu, dalam menentukan pemenangnya juga menggunakan skor atau angka sebagai tolak ukur sebuah kemenangan. Lantas bagaimana sistem hitungan permainan bola voli dan cara mencetak skor dalam permainan ini?

Sistem Hitungan Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli skor atau poin dihitung dengan sistem reli atau yang biasa disebut rally point system di mana poin akan langsung didapatkan ketika pemain berhasil mematikan bola ke lawan tandingnya.

Pemenang akan ditentukan dari perolehan poin di setiap setnya. Dalam satu set pertandingan, tim yang terlebih dahulu mengumpulkan 25 point maka akan menjadi pemenang dalam set tersebut.

Setiap pertandingan yang berjalan terdiri atas tiga set dan setiap setnya akan dimenangkan oleh tim yang terlebih dahulu mencapai 25 poin dengan harus memiliki selisih minimal 2 poin. Jika keduanya mendapatkan poin sebanyak 24 maka pertandingan akan diteruskan hingga salah satu tim dapat mengungguli tim lawannya sebanyak 2 poin. Selanjutnya tim yang mampu mendapatkan poin berhak melakukan servis selanjutnya.

Dalam sistem hitungan permainan bola voli, ketika tim yang melakukan servis gagal melewatkan bola pada jaring atau hingga bola keluar dari lapangan maka tim lawanlah yang kanan mendapatkan poin. Selain itu poin juga akan di berikan kepada lawan jika melakukan pelanggaran atas peraturan yang di tetapkan oleh PBVSI maupun FIBV.

Aturan Dalam Permainan Bola Voli

Setiap pertandingan pasti memiliki aturan yang wajib diikuti oleh setiap peserta. Hal ini juga berlaku pada permainan asal Amerika Serikat ini. Berikut ini adalah aturan permainan bola voli yg wajib ditaati:

  1. Dalam hal seragam tim, setiap seragam harus memiliki nomor punggung serta nomor dada dada. Sedangkan pada bagian celana nomor diletakan di bagian depan paha kanan. Selain itu pemain juga wajib menggunakan sepatu karet beserta kaos kakinya.
  2. Saat pertandingan sedang berlangsung, pemain tidak boleh menyentuh net maupun batas tengah lapangan. Jika hal ini sampai terjadi maka tim lawan otomatis akan mendapatkan poin dari pelanggaran tersebut.
  3. Setiap tim hanya memiliki satu kali kesempatan time out per babaknya, sementara untuk pergantian pemain dapat dilakukan berkali-kali tanpa batas.
  4. Bola dianggap out apabila telah menyentuh bagian luar garis lapangan namun apabila pemain mampu menangkis sebelum bola menyentuh lantai maka bola belum terjadi out.
  5. Saat melakukan servis pemain harus berada pada garis luar lapangan serta tidak boleh menginjak ataupun di dalam garis.
  6. Ketika menghadapi bola lawan, pemain tidak boleh menangkap ataupun, melempar bola tersebut. Bola harus memantul secara sempurna menggunakan tangan, kepala dan kaki.
  7. Pertandingan dapat berlangsung selama 3 babak dengan 2 kali kemenangan atau lima babak dengan tiga kali kemenangan.
  8. Dalam sistem hitungan permainan bola voli, perhitungan poin menggunakan rally point dengan jumlah sebanyak 25 poin.
  9. Apabila terjadi seri poin 24-24 maka pertandingan akan berlanjut hingga mencapai selisih minimal 2 poin.

Daftar Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli

Selain mengetahui peraturan di atas, setiap peserta juga wajib mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan pelanggaran dalam pertandingan. Karena apabila sampai terjadi maka dapat merugikan tim dalam perolehan poin. Berikut adalah daftar pelanggaran yang telah ditentukan, seperti:

  1. Pemain tidak boleh menyentuh bola lebih dari satu kali sebelum di oper ke pemain lain.
  2. Saat melakukan servis, waktu yang digunakan tidak boleh melebihi delapan detik.
  3. Saat memukul bola sebanyak tiga kali namun bola belum mencapai lawan main.
  4. Pemain melakukan tindakan mengangkat, memegang, atau membawa bola dalam waktu yang lama dengan memegang bukan memukulnya.
  5. Spike harus dilakukan oleh pemain di posisi belakang sementara bola berada tepat di atas net.

Tugas dan Posisi Pemain Bola Voli

Permainan bola voli adalah olahraga yang dimainkan secara berkelompok dengan saling berhadapan. Satu tim terdiri dari 6 orang pemain. Namun jika terjadi kekurangan karena berbagai sebab maka minimal haru sada 4 orang yang berdiri di tengah lapangan untuk bermain. Jika kurang dari itu maka tim tersebut akan dinyatakan gugur dalam pertandingan.

Setiap pemain memiliki peranan yang berbeda dalam pertandingan. Berikut ini adalah beberapa posisi pemain yang ada di dalam permainan:

  1. Tosser atau disebut set-upper memiliki tugas memberi umpan untuk di eksekusi oleh spiker yang akan menyerang bola kearah tim lawan. Tosser juga memiliki peranan penting karena sambil mengatur serangan tim agar dapat menyerang lawan untuk mengumpulkan poin.
  2. Spiker memiliki tugas memblok serangan lawan agar dapat menahan bola. Selain itu spiker juga bertugas menyerang lawan dengan smash yang akurat untuk mendapatkan poin.
  3. Defender bertugas menerima atau menahan bola lawan dan bekerja sama dengan anggota tim lainya agar bola tidak jatuh di area mereka.
  4. Server adalah pemain yang bertugas melakukan servis bola ke arah lawan. Setelah melakukan servis, maka server akan menempati posisi defender untuk melakukan tugas selanjutnya.

Cara Mencetak Poin dari Tim Lawan

Selain mengetahui sistem hitungan permainan bola voli, cara mencetak poin juga harus diketahui. Setiap pemain yang bertanding tentu saja menginginkan tim yang mereka bawa akan menjadi juara pada pertandingan tersebut. Segala daya dan upaya akan terus dilakukan demi menambah poin dan menjatuhkan lawan. Agar dapat memperoleh kemenangan tersebut, ini dia cara mendapatkan poin dalam permainan voli:

Skor side-out

Poin diperoleh dari servis yang dilakukan sehingga hanya tim yang memiliki kesempatan service yang bisa mendapatkan poin ini sehingga ini adalah kesempatan memperoleh poin sebanyaknya dari servis yang dilakukan.

Skor relly

Berbeda dengan skor side-out yang didapatkan dari servis awal pertandingan, Skor reli di berikan untuk tim yang dapat menservis bola kearah lawan ditengah pertandingan tanpa melihat siapa yang menservis bola.

Bola menyentuh lantai

Poin ini di dapat saat sedang melakukan serangan terhadap lawan dan bola berhasil masuk ke area lawan hingga menyentuh lantai.

Bola keluar batas

Setiap tim memiliki batas area permainannya masing-masing dan setiap anggota tim tidak boleh melewati batas tersebut. Saat lawan melakukan serangan, baik itu servis maupun smash tapi melampaui batas lawan mainnya maka otomatis tim lawan akan mendapatkan poin.

Bola menyentuh net tim

Saat tim melakukan servis maupun smash tetapi bola menyentuh net yang masih di wilayah mereka tanpa melewati net lawan maka poin akan di berikan kepada tim lawannya.

Selain beberapa hal di atas poin juga bisa didapatkan dari pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan seperti:

  • Terjadi kesalahan servis.
  • Saat pemain bersentuhan dengan net dan melakukan kontak dengan bola.
  • Lebih dari 3 kali memukul bola di dalam wilayah tim sendiri.
  • Seorang pemain memukul bola sebanyak dua kali berturut-turut.
  • Pelanggaran pinalti.

Itulah penjelasan mengenai permainan bola voli secara lengkap baik dari sisi aturan hingga sistem perhitungan poin yang berlaku. Semoga bermanfaat, Kawan!

Sumber:
https://www.detik.com/bali/berita/d-6450363/sistem-hitungan-yang-digunakan-dalam-permainan-bola-voli
https://www.bola.net/voli/cara-penghitungan-skor-atau-poin-dalam-permainan-bola-voli-bagaimana-ya-d2d08f-d2d08f-kln.html
https://tirto.id/sistem-perhitungan-skor-bola-voli-jumlah-poin-set-syarat-menang-giqd
https://www.kompas.com/sports/read/2021/03/23/12400038/sistem-penghitungan-poin-bola-voli

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini