Tiba di Mesir, Tim Kapal Rumah Sakit TNI Serahkan Bantuan untuk Warga Gaza

Tiba di Mesir, Tim Kapal Rumah Sakit TNI Serahkan Bantuan untuk Warga Gaza
info gambar utama

Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang berlayar menggunakan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) telah tiba di Pelabuhan Al Arish, Provinsi Sinai Utara, Mesir, Selasa (13/2/2024). Mereka langsung menyerahkan bantuan dari Indonesia untuk warga Gaza kepada Ahmad Ali Al Buhaeri, Field Officer Bulan Sabit Merah Mesir atau Egypt Red Crescent (ERC).

KRI RJW-992 bertugas sebagai kapal bantu rumah sakit TNI AL dan tergabung dalam Satgas Port Visit Mesir 2024—misi kemanusiaan pengiriman bantuan untuk masyarakat sipil di Gaza. Kapal tersebut dipimpin oleh Komandan Kolonel Pelaut Bayu Dwi Wicaksono dan membawa barang bantuan seberat 242.6 ton dengan nilai 1,5 juta dolar AS.

Kapal Rumah Sakit TNI Berangkat ke Palestina

Dok. KBRI Kairo

KBRI Kairo menyambut tim KRI RJW-992 yang tiba pukul 8:00 pagi waktu Kairo. Sejak Rabu (14/2/2024), petugas melakukan bongkar muat atau debarkasi bantuan. Kegiatan ini diperkirakan akan berlangsung selama 4 hari.

Setelah tahap debarkasi selesai, pihak ERC akan mengirimkan bantuan ke Gaza melalui perbatasan Rafah. Tim ERC bakal mengangkut bantuan tersebut menggunakan 30 truk dari Al Arish menuju Gaza, lalu menyerahkannya kepada petugas Bulan Sabit Merah Palestina di Gaza.

Bantuan kemanusiaan yang disalurkan antara lain: bahan makanan, alat medis, obat-obatan, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya, yang dibutuhkan oleh para korban konflik di Gaza. KRI RJW-992 mengangkut 214 personel. Mereka berlayar dari Jakarta pada 18 Januari 2024 melalui Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok.

TNI AD Kirim 50 Truk Bantuan ke Gaza dan Donasi Rp10 Miliar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini