Kapal Rumah Sakit TNI Berangkat ke Palestina

Kapal Rumah Sakit TNI Berangkat ke Palestina
info gambar utama

Kapal Bantu Rumah Sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 resmi berlayar menuju Mesir untuk mengirim bantuan ke Palestina. Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memimpin pelepasan kapal di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Sebelum memasuki wilayah Gaza, Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan terlebih dahulu melakukan pelayaran Muhibah atau Port Visit ke Mesir. Kapal akan menempuh rute Jakarta, Belawan, El Arish, Jeddah, Batam, dan kembali lagi ke Jakarta.

KRI Radjiman mengangkut 214 kru, 40 diantaranya pasukan khusus TNI AL. Pelayaran dijadwalkan berlangsung selama 52 hari. Sebanyak 80 truk bantuan dikirim untuk rakyat Gaza, di antaranya: pampers (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), dan biskuit (650 dus). Kemudian, air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mi instan (470 kardus).

Kumpulkan Pakar Hukum, Indonesia Siap Bela Palestina di Mahkamah Internasional

Dok. Puspen TNI

Dalam sambutannya, Prabowo menyampaikan keprihatinannya terhadap penderitaan besar yang dialami rakyat Gaza akibat serangan di luar batas kemanusiaan dan tanpa memperhatikan hukum internasional.

“Saudara-saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya. Meskipun kita bukan negara yang terlibat dalam perang, kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Palestina,” ucapnya.

Dia juga berpesan kepada Satgas Kemanusiaan untuk meningkatkan kewaspadaan, solidaritas, dan menjaga kehormatan bangsa Indonesia, TNI, serta angkatan laut.

“Semoga Allah Swt. melindungi KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan seluruh awak kapalnya. Sampai kita jumpa kembali di Tanah Air,” pungkasnya.

Top! Presiden Erdogan Apresiasi Peran RI dalam Isu Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini