Top! Presiden Erdogan Apresiasi Peran RI dalam Isu Palestina

Top! Presiden Erdogan Apresiasi Peran RI dalam Isu Palestina
info gambar utama

Duta Besar (Dubes) RI untuk Republik Turkiye Achmad Rizal Purnama mengatakan, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengapresiasi peran Indonesia dalam isu Palestina, saat menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Istana Kepresidenan Turki, Presiden Erdogan memberikan perhatian khusus kepada Indonesia yang terus mengawal isu Palestina di berbagai forum internasional.

“Presiden Erdogan terkesan saat saya menunjukkan video kedekatan Presiden Erdogan dan Presiden Jokowi yang bergandengan tangan di sela-sela KTT OKI di Riyadh beberapa waktu lalu,” kata Dubes Rizal yang dikutip dari laman kemlu.go.id.

Prioritas Kerja Sama 1+4

Pada kesempatan yang sama, Dubes Rizal juga menyampaikan prioritas kerja sama bilateral 1+4 di bidang perdagangan serta kerja sama industri pertahanan dan strategis, energi, konstruksi, dan farmasi.

Presiden Erdogan juga menyepakati pencapaian target perdagangan bilateral 10 miliar dolar AS, memperluas kerja sama industri pertahanan, hingga memperkuat kerja sama keamanan dan penanggulangan terorisme.

Orang nomor satu di Turki itu juga mendoakan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta membawa kebaikan dan kemajuan bagi rakyat Indonesia.

Film Trinitas Traveloka sebagai Alat Diplomasi di MIKTA Film Festival Turki

Persahabatan RI-Turki

Meskipun terpaut jarak geografis, Indonesia dan Turki telah menjalin hubungan komersial, diplomatik, dan militer sejak awal masa kesultanan di Aceh pada abad ke-16 dan 19.

Saat ini, hubungan kedua negara sangat baik dan jauh lebih kuat, yang dibuktikan dengan adanya pertemuan rutin dan kontak antara para pemimpin, menteri dan pejabat pemerintah, hingga para pelaku bisnis secara intensif.

Indonesia dan Turki juga menegaskan keinginan untuk memperkuat hubungan bilateral melalui kerja sama praktis yang berkelanjutan dalam bidang yang lebih luas, serta meningkatkan kontak antara rakyat di kedua negara.

Pesta Besar Maulid Nabi SAW di Z Aceh Simbol Keakraban dengan Kesultanan Turki

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini