TNI AD Kirim 50 Truk Bantuan ke Gaza dan Donasi Rp10 Miliar

TNI AD Kirim 50 Truk Bantuan ke Gaza dan Donasi Rp10 Miliar
info gambar utama

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) mengirimkan 50 truk bantuan kemanusiaan melalui BAZNAS RI ke Gaza, Palestina. Angkutan tersebut berisi makanan instan, susu, makanan bayi, minuman, pakaian, selimut, obat-obatan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Pada kesempatan itu, BAZNAS RI—sebagai pihak yang menyalurkan bantuan ke Palestina—juga menerima donasi dari Sahabat UAH sebesar Rp10 miliar. Seluruh bantuan diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules.

“Mudah-mudahan apa yang kita berikan ini, mulai dari kebutuhan bayi hingga orang tua, bisa bermanfaat bagi warga Palestina,“ ujar Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Agus lalu menuturkan bahwa jika dibutuhkan, TNI AD siap untuk mengirim tenaga medis ke perbatasan yang aman (safe border) untuk membantu warga Palestina memperoleh layanan kesehatan.

“Kita juga punya beberapa rumah sakit dari TNI AL RS Suharso, mungkin nanti akan ditempatkan di safe border seperti perairan Mesir,” tambahnya.

Pemerintah Beri 22 Mahasiswa Palestina Beasiswa Kuliah di RI

Dok. TNI AD

Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat selaku pimpinan Sahabat UAH mengungkapkan terima kasih kepada Keluarga Besar Angkatan Darat karena telah diikutsertakan dalam kegiatan peduli kemanusiaan untuk Palestina.

“Kita menunjukkan pesan-pesan kuat ke dalam (masyarakat Indonesia) bahwa kita satu Indonesia, kita bersama-sama tidak boleh terpecah belah, memperhatikan kedamaian dan perdamaian,“ ujar Adi.

Bantuan kemanusiaan kali ini berasal dari sumbangan seluruh satuan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek. Pada gelombang berikutnya, TNI AD juga bakal mengirimkan bantuan kemanusiaan yang dikumpulkan dari satuan jajaran TNI AD seluruh Indonesia.

“Saya sangat terharu Baznas dipercaya untuk menyampaikan bantuan ini kepada saudara-saudara kita di Palestina. Terima kasih kepada Mabes TNI AD dan Ustaz Adi Hidayat yang telah berupaya bersama-sama untuk membantu masyarakat di Gaza, Palestina,” tutur Ketua BAZNAS RI Noor Achmad.

Mengenal RS Indonesia di Gaza yang Selamatkan Warga Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini