Komeng, Sosok Fenomenal yang Bikin Pemilu 2024 Jadi Lebih "Uhuy"

Komeng, Sosok Fenomenal yang Bikin Pemilu 2024 Jadi Lebih "Uhuy"
info gambar utama

Komeng belakangan ini jadi buah bibir. Bukan karena penampilannya di panggung komedi, melainkan keikutsertaannya di Pemilu 2024.

Seperti sebelum-sebelumnya, pembicaraan seputar pemilu didominasi oleh topik mengenai pertarungan para calon presiden dan wakil presiden. Namun saat hari pemilihan tiba, pencalonan Komeng sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Barat juga banyak dibicarakan, khususnya di media sosial.

Padahal, pemilihan anggota DPD biasanya tak banyak jadi perhatian publik. Bahkan, pendaftaran calon anggotanya saja sempat dilaporkan sepi peminat. Berbanding terbalik dengan DPR RI yang banyak diminati.

Ramainya pembicaraan soal Komeng ini berawal dari fotonya yang terpampang di surat suara. Dengan pose yang nyeleneh, Komeng tampak mencolok di antara para calon anggota DPD Jawa Barat lainnya. Namun siapa sangka, foto unik itu justru membawanya jadi calon yang berpeluang besar lolos ke Senayan.

Ramai soal Exit Poll dan Quick Count, Apa Bedanya?

Dari Panggung Komedi ke Politik

Sebenarnya tak mengherankan apabila Komeng tampil nyeleneh. Sebab, ia selama ini memang dikenal sebagai komedian yang tergolong kawakan. Pria bernama asli Alfiansyah itu diketahui telah berkarier di dunia hiburan sejak awal 1990-an.

Awalnya, Komeng menjadi penyiar radio, lalu merambah ke televisi. Di televisi inilah ia mendapatkan popularitasnya sebagai komedian, terutama lewat program Spontan di mana ia dikenal lewat jargon khasnya "Spontan... Uhuy!".

Setelah Spontan tak lagi tayang, Komeng lanjut berkiprah lewat program televisi lainnya. Pria kelahiran Jakarta, 25 Agustus 1970 itu pernah mengisi beberapa program, di antaranya Kungfu Komeng, Gong Show, dan Wara-wiri.

Selain "Spontan... Uhuy!", ada satu jargon lagi yang juga melekat pada Komeng, yakni "Semakin di Depan". Jargon itu adalah bagian dari iklan sepeda motor Yamaha yang dibintangi Komeng bersama eks pebalap MotoGP, Valentino Rossi.

Komeng resmi mendaftar sebagai calon anggota DPD pada Mei 2023 setelah mengumpulkan sekitar 6 ribu dukungan masyarakat yang dibuktikan dengan salinan kartu tanda penduduk. Ia punya misi untuk menghadirkan program-program berbasis seni dan budaya dengan berkaca pada kesuksesan Korea Selatan.

Di Pemilu 2024 ini, Komeng tidak hanya sekedar bertarung memperebutkan kursi anggota DPD, namun juga memberi warna tersendiri dengan kejenakaannya. Tak hanya lewat foto nyeleneh, ia bahkan tak absen melontarkan lawakannya saat diwawancarai seputar pencalonannya itu, misalnya saat ditanya nama panggilan yang diinginkannya jika lolos jadi anggota DPD.

"Dipanggil apa saja bebas dah, asal jangan dipanggil KPK." ujar Komeng.

Di media sosial X, sempat beredar video yang menunjukkan bagaimana Komeng banyak dipilih di sebuah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saat penghitungan suara berlangsung, tampak nama Komeng berkali-kali disebut dan langsung ditimpali "Uhuy" oleh orang lainnya.

Nyatanya, Komeng memang sukses meraup banyak suara. Hingga artikel ini diterbitkan, ia memimpin perolehan suara sementara dengan raihan 10,07 persen, jauh mengungguli calon anggota DPD dari Jawa Barat lainnya.

Daerah Ini Paling Banyak Meloloskan Artis Jadi Anggota DPR

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini