Daerah Ini Paling Banyak Meloloskan Artis Jadi Anggota DPR

Daerah Ini Paling Banyak Meloloskan Artis Jadi Anggota DPR
info gambar utama

Dalam pemilihan umum alias pemilu, setiap orang berhak memilih dan dipilih sebagai wakil rakyat. Tak terkecuali bagi para artis. Mereka pun bisa maju dalam pencalonan anggota legislatif.

Itu pula fenomena yang ditemui di Indonesia saat ini. Dari sekian banyak calon legislatif alias caleg yang berkontestasi dalam pemilu, beberapa di antaranya adalah artis yang namanya tak asing bagi masyarakat Indonesia.

Saat momen pemilu tiba, para artis tersebut tentunya tak ketinggalan berlomba-lomba merayu masyarakat untuk memberikan suaranya untuk mereka. Tak heran pula jika wajah-wajah yang biasa muncul di televisi kemudian menjadi berpindah ke baliho atau spanduk kampanye yang terpampang di pinggir jalan.

Dari pemilu yang sudah berlangsung, ada hal unik di mana terdapat satu daerah yang paling banyak meloloskan artis menjadi anggota legislatif. Daerah tersebut adalah Jawa Barat.

Kominfo: Angka Hoaks Pemilu 2024 Menurun, Kabar Baik untuk Demokrasi Indonesia

Jawa Barat, Daerah Penghasil Caleg Artis

Dalam artikel penelitian berjudul "Keterlibatan Selebriti Pasca Parliamentary Threshold dalam Kontestasi Politik Elektoral di Indonesia" yang diterbitkan oleh Jurnal Pemerintahan dan Politik, Muslimin Ritonga dan Raegen Harahap memaparkan data bahwa sebagian besar artis yang lolos menjadi anggota DPR RI maju di Jawa Barat. Data ini dikumpulkan dari hasil Pemilu 2014 dan 2019.

Pada Pemilu 2014, diketahui ada 15 orang artis yang berhasil terpilih menjadi anggota DPR. Sebanyak 8 orang atau lebih dari setengahnya berasal dari dapil di Jawa Barat. Sisanya, berasal dari dapil di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dari 8 orang tersebut, dapil Jabar II (Kabupaten Bandung, Bandung Barat) dan V (Kabupaten Bogor) menyumbangkan dua orang. Sementara sisanya berasal dari Jabar VI (Kota Bekasi, Depok), IV (Kota-Kabupaten Sukabumi), VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta ), dan I (Kota Bandung, Cimahi).

Kemudian pada Pemilu 2019, ada 14 artis yang lolos menjadi anggota DPR. Masih seperti sebelumnya, mayoritas berasal dari dapil di Jabar.

Dari 14 artis, 10 di antaranya dari dapil di Jabar. Empat sisanya berasal dari dapil di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur.

Dapil di Jabar yang paling banyak menyumbang artis di Pemilu 2019 adalah Jabar III (Cianjur, Kota Bogor) dengan meloloskan 3 orang. Kemudian, Jabar II dan V menyumbang 2 orang. Sisanya dari Jabar VII, XI (Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya), dan IV.

Atribut Kampanye Pemilu Menuai Keluhan, Apa Akar Masalah dan Solusinya?

Referensi:

  • Ritonga, M., & Harahap, R. (2023). Keterlibatan Selebriti Pasca Parliamentary Threshold dalam Kontestasi Politik Elektoral di Indonesia. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 238-245.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini