Pakai Jam Tangan Kanan atau Kiri? Ketahui Arti Kepribadian Berdasarkan Posisi Jam Tanganny

Pakai Jam Tangan Kanan atau Kiri? Ketahui Arti Kepribadian Berdasarkan Posisi Jam Tanganny
info gambar utama

Aksesoris paling menonjol di tangan seseorang adalah jam tangan. Setiap orang memilih jam tangan sesuai dengan seleranya. Produsen jam tangan pun sekarang memproduksi berbagai jenis jam tangan sesuai dengan kepribadian dan peruntukannya. Mulai dari jam tangan indoor sampai jam tangan outdoor.

Namun, selain modelnya, jam tangan juga bisa mencerminkan kepribadian pemakainya lewat cara dia memakai, yaitu ketika mereka pakai jam tangan kanan atau kiri. Pakai jam tangan kanan kiri adalah keputusan masing-masing orang. Tapi keputusan tersebut ternyata mengandung nilai psikologis yang cukup dalam.

Jika Anda penasaran apa makna di balik makna pakai jam tangan kanan atau kiri, artikel ini menjelaskan tentang makna kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang tergantung cara ia memakai jam tangan. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Sejarah Pakai Jam Tangan Kanan atau Kiri

Dalam sejarah, jam tangan dibuat dengan cara automatic, artinya, pengguna jam tangan harus memutar terlebih dahulu jam tangan sebelum dipakai. Maka dari itu, orang akan cenderung mengenakan jam tangan di tangan yang tidak dominan.

Jika tangan tangan kanan adalah yang dominan, maka jam tangan akan dipakai di tangan kiri. Sebaliknya, jika tangan yang dominan adalah tangan kiri, maka jam tangan akan dipakai di tangan kanan. Tujuannya, agar memudahkan penggunanya untuk memutar jam tangan saat hendak dipakai.

Tiga perempat orang di dunia menggunakan tangan kanannya untuk berbagai aktivitas. Maka dari itu, mereka dominan menggunakan tangan kanan untuk memutar jam tangan di tangan kirinya. Namun, semakin berkembangnya zaman, jam tangan diciptakan dengan teknologi baterai yang lebih modern.

Maka dari itu, penggunaan jam tangan di tangan kanan dan kiri kini sudah tidak lagi mengutamakan faktor tangan dominan dan tidak dominan. Orang kini hanya mempertimbangkan estetika dan kenyamanan saat menggunakan jam tangan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang masih bingung pakai jam tangan kanan atau kiri.

Faktor Orang Memakai Jam Tangan

jam tangan
info gambar

Meski hanya berdasar pada estetika, orang yang pakai jam tangan kanan atau kiri juga mempunyai berbagai pertimbangan yang tidak bisa dianggap sepele. Beberapa orang memutuskan untuk pakai jam tangan kanan atau kiri dengan faktor-faktor berikut ini:

1. Kebiasaan Tangan Dominan

Faktor pertama adalah kebiasaan dominan orang ketika mengenakan jam tangan. Jika seseorang dominan menggunakan tangan untuk aktivitas sehari-hari, maka jam tangan idealnya digunakan di tangan kiri. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu aktivitas tangan yang dominan.

2. Memudahkan Akses

Faktor kedua orang memakai jam tangan ditentukan untuk memudahkan akses. Jika tangan yang dominan adalah kanan, maka jam tangan dipakai di pergelangan tangan kiri. Tujuannya agar tombol-tombol yang ada di jam tangan dapat diakses dengan mudah menggunakan tangan yang dominan. Begitu pula ketika hendak memakai dan melepas jam.

3. Aktivitas Sehari-hari

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk pakai jam tangan kanan atau kiri dengan memperhatikan aktivitas sehari-hari. Jam tangan tentu sedikit mengganggu aktivitas, jika Anda sering memakai tangan kanan untuk aktivitas sehari-hari, maka pakailah jam tangan di tangan yang sebaliknya.

4. Faktor Estetika

Faktor terakhir memakai jam tangan bisa ditentukan karena faktor estetika. Sebagian besar orang memakai jam tangan di tangan kiri karena tangan itulah yang dipakai oleh manusia pada umumnya. Sedangkan sebagian orang ingin menjadi berbeda dengan memakai jam tangan di kanan kanan.

Kepribadian Orang Pakai Jam Tangan Kanan atau Kiri

Beberapa orang mungkin percaya bahwa jika menggunakan jam tangan di kanan atau kiri mempunyai makna yang lebih dalam ketimbang hanya sekadar estetika. Hal itu juga didukung dengan adanya narasi yang mengatakan jika kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara dia memakai jam tangan.

1. Pergelangan Tangan Kiri

Orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kiri biasanya memiliki kepribadian menggunakan tangan kanan sebagai tangan yang dominan. Selain itu, menggunakan pergelangan tangan kiri sebagai tempat jam tangan berguna agar jam tangan tetap awet dan tidak mudah tergores.

Orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kiri biasanya memiliki kepribadian suka terhadap hal-hal yang tidak merepotkannya. Mereka lebih suka menjalani hidup apa adanya dan tidak memikirkan sesuatu yang membuatnya resah.

2. Pergelangan Tangan Kiri Menghadap ke Atas

Orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kiri dan menghadap ke atas memiliki sifat kepemimpinan yang tinggi. Hal itu dikarenakan mereka adalah orang yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan.

Selain itu, orang yang memakai jam tangan dengan model demikian biasanya memiliki sifat yang sangat serius dan cukup kaku. Mereka bisa memilih keputusan sesuai dengan kata hatinya sendiri, bukan atas pengaruh orang lain.

3. Pergelangan Tangan Kiri Menghadap ke Bawah

Selanjutnya, orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kiri dan menghadap ke bawah biasanya memiliki kepribadian yang sangat perfeksionis. Orang semacam ini biasanya memiliki sifat yang sangat tertutup dan sistematis. Mereka lebih memilih untuk mengandalkan otaknya ketimbang hati.

4. Pergelangan Tangan Kanan

Tidak sedikit orang yang mengenakan jam tangan di pergelangan tangan kanan. Biasanya mereka adalah orang kidal yang sering menggunakan tangan kirinya untuk beraktivitas. Orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kanan biasanya memiliki kecenderungan sangat sibuk dan ingin semua hal berada di bawah kendalinya.

Selain itu, orang yang memakai jam tangan di tangan kanan biasanya sangat serius dan banyak memiliki rencana hidup.

5. Pergelangan Tangan kanan Menghadap ke Atas

Orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kanan dan menghadap ke atas biasanya memiliki kepribadian yang unik. Mereka memiliki selera humor yang cukup tinggi sehingga mudah bergaul dengan banyak orang.

6. Pergelangan Tangan Kanan Menghadap ke Bawah

Terakhir, orang yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kanan dan menghadap ke bawah biasanya memiliki kepribadian yang unik. Mereka adalah orang yang baik hati namun sangat pemalu. Namun, di balik sifatnya, orang yang memakai jam tangan dengan model ini memiliki karakter yang baik dan bisa dipercaya ketika mendengar cerita dari orang lain.

Demikian adalah penjelasan tentang pakai jam tangan kanan atau kiri yang cukup lengkap. Mulai dari sejarah orang memakai jam tangan di tangan kiri, hingga kepribadian yang bisa dibaca dari seseorang dari cara mereka memakai jam tangan.

Sumber:

https://www.radatime.co.id/majalah/pakai-jam-tangan-cocok-pilih-tangan-kiri-atau-kanan

https://yupindonesia.com/blog/pakai-jam-tangan-di-kanan-atau-kiri/

https://www.liputan6.com/hot/read/4019683/melihat-kepribadian-dari-memakai-jam-tangan-kamu-tim-kanan-atau-kiri?page=7

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini