Sempat Tertunda, Hilal Penggunaan VAR di Liga 1 Semakin Terlihat

Sempat Tertunda, Hilal Penggunaan VAR di Liga 1 Semakin Terlihat
info gambar utama

Tak lama lagi, sepak bola Indonesia bakal menghadirkan Video Assistent Referee (VAR). Kapan teknologi canggih tersebut akan mulai digunakan?

PSSI telah menjanjikan digunakannya VAR di Liga 1. Kini, PSSI pun sedang melakukan persiapan agar janji itu bisa diwujudkan.

Persiapan yang dimaksud tidak hanya sekedar menyediakan peralatan VAR. Lebih dari itu, PSSI juga menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengoperasikan VAR dan memanfaatkannya untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik.

Terbaru, PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) melaksanakan uji coba penerapan Video Assistent Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024). Sebanyak delapan kamera dipasang di sejumlah titik lapangan dan digunakan dalam pertandingan uji coba antarklub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal.

"Intinya hari ini, kalau kita lihat, mulai dari alat peraga. Alat peraga yang didemonstrasikan atau yang kita gunakan sekarang ini, mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada," ujar Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, dalam keterangan tertulis.

"Ini persis seperti yang kita beli yang juga digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023,” sambungnya.

Dalam pertandingan di Bogor, wasit dan asisten wasit melakukan simulasi penggunaan VAR yang digunakan sebagai pertimbangan untuk membuat keputusan-keputusan penting, misalnya menentukan sah atau tidak sahbya gol, pengecekan penalti, kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu kuning atau kartu merah, serta kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Menanti Hadirnya Pebalap F1 Powerboat asal Indonesia, Akan Terwujud pada 2027?

Kapan Dipakai di Liga 1?

Lantas, kapan VAR akan resmi digunakan di Liga 1? Untuk saat ini, jawabannya adalah saat Liga 1 2023-2024 memasuki seri championship pada 4-26 Mei. Mendatang. Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria.

Ratu Tisha menjelaskan bahwa masih ada heberapa tahapan yang harus dilalui agar penerapan VAR bisa terlaksana. Salah satunya melalui penilaian terakhir wasit serta asisten wasit VAR serta persetujuan dari FIFA.

"Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini," tutur Ratu Tisha.

Awalnya, penggunaan VAR dijanjikan bisa dimulai pada Februari, namun rencana itu diundur karena wasit belum siap. Untuk menggunakan VAR, wasit terlebih dulu harus melalui pelatihan dan mendapatkan lisensi khusus.

Prestasi Gemilang Olahraga Indonesia di Awal Tahun 2024, Bikin Bangga

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/pt-lib-dan-pssi-uji-coba-pemakaian-var-di-bogor

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini