Menanti Hadirnya Pebalap F1 Powerboat asal Indonesia, Akan Terwujud pada 2027?

Menanti Hadirnya Pebalap F1 Powerboat asal Indonesia, Akan Terwujud pada 2027?
info gambar utama

Indonesia ingin memiliki anak bangsa yang menjadi pebalap F1 Powerboat. Upaya untuk mewujudkan keinginan tersebut telah dijalankan.

F1 Powerboat merupakan ajang balap perahu motor yang diorganisir oleh Union Internationale Motonautique (UIM). Sebagaimana ajang balap pada umumnya, pebalap yang berlaga di sana telah memiliki kemampuan memacu perahunya di air untuk jadi yang tercepat.

Di Indonesia, F1 Powerboat mulai dikenal luas saat ajang tersebut mulai diselenggarakan di Tanah Air pada 2023 lalu, tepatnya di Danau Toba. Kini, Indonesia pun akan kembali jadi tuan rumah dengan menggelar balapan di lokasi yang sama pada 2-3 Maret mendatang.

Indonesia tampaknya juga tidak puas hanya sekedar menjadi tuan rumah. Kini, Indonesia juga punya misi untuk mengirimkan atlet F1 Powerboat sendiri. Tak sebatas rencana, Indonesia juga telah mulai melangkah untuk mencetak atlet-atlet sesuai yang diinginkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo memberi bocoran tentang seperti apa langkah tersebut. Dijelaskannya, ada komitmen dengan H20 Racing selaku promotor F1 Powerboat untuk membuka akademi di Danau Toba. Nantinya,akademi akan mempersiapkan atlet-atlet yang siap mewakili Indonesia untuk beraksi di ajang internasional.

"Mungkin tahun ini kita belum memiliki riders atau pebalap, tapi dengan adanya komitmen dengan akademi ini, kita berharap pada 2027 kita memiliki riders asal Indonesia yang natinya bisa berlaga di F1 Powerboat series di Danau Toba.

Menilik Langkah Pemerintah untuk Memaksimalkan Potensi Ekonomi F1 Powerboat

Pebalap Asia Masih Minim

Jika pebalap asal Indonesia benar-benar hadir, F1 Powerboat bakal punya warna baru. Sebab, sejauh ini tidak banyak pebalap asal negara Asia di sana.

Pada musim 2023 saja, hanya ada tiga dari total 22 pebalap F1 Powerboat dari Asia. Mereka adalah Thani Al Qamzi, Rashed Al Qemzi, dan Ahmad Al Fahim, yang sama-sama berasal dari Uni Emirat Arab.

Dalam kurun waktu 10 tahun terahir, UEA jadi satu-satunya negara Asia yang konsisten mengirimkan pebalapnya ke F1 Powerboat. Tak banyak pebalap dari negara Asia lain yang unjuk gigi di sana.

Menariknya, ada negara tetangga Indonesia yang pernah punya pebalapnya di F1 Powerboat. Negara tersebut adalah Thailand, dengan pebalap atas nama Sutthiphan Sookbuangbon yang berlaga pada musim 2018.

Selain UEA dan Thailand, pebalap dari China dan Kuwait juga pernah ditemui selama 10 tahun terakhir. Mereka adalah Xiong Ziwei dan Youssef Al Rubayan.

Horas! F1 Powerboat 2024 Bakal Lebih Bernuansa Batak, Tertarik Nonton?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini