Cerita Kukuh Haryanto, Caleg Pengamen Asal Wonogiri dengan Modal Rp100 Ribu

Cerita Kukuh Haryanto, Caleg Pengamen Asal Wonogiri dengan Modal Rp100 Ribu
info gambar utama

Kukuh Haryanto, pengamen asal Wonogiri viral usai maju sebagai caleg DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024 lewat Partai Demokrat. Bermodal niat dan tekad yang kuat, pria berambut gimbal ini sukses mendulang banyak suara.

Meski belum dipastikan lolos ke parlemen, real count sementara KPU RI menunjukkan perolehan suara Kukuh merajai caleg Partai Demokrat lainnya di Daerah Pemilihan (Dapil) I Wonogiri. Ia dicoblos oleh 985 orang pemilih.

Penasaran seperti apa kisahnya? Simak artikel berikut!

Pengamen sekaligus aktivis

Bukan asal ikutan nyaleg, Kukuh Haryanto sejak dulu memang tertarik dengan dunia politik. Ia kerap mengkritik kebijakan pemerintah. Salah satu yang membuatnya resah adalah persoalan transparansi anggaran di pemerintahan Wonogiri.

Kukuh Haryanto termotivasi nyaleg karena keprihatinannya dengan wilayah Wonogiri Timur yang sering dilanda kekeringan. Sebagai seorang musisi jalanan, ia juga bertekad untuk mengembangkan bakat musik.

Sosok Kukuh Karyanto juga pernah mendampingi warga di Sukoharjo yang terdampak limbah PT RUM bersama aktivis lainnya. Ia sempat merapatkan barisan dengan warga penolak Pabrik Semen di Kendeng dan Rembang.

Modal nyaleg Rp100 ribu

Banyak orang mengira Kukuh sekadar iseng. Namun sejak masuk daftar calon sementara caleg DPRD Wonogiri, ia langsung tancap gas menyosialisasikan diri kepada warga di sekitar tempat tinggalnya.

Sambil ngamen, Kukuh berkampanye dari rumah ke rumah. Pria berusia 37 tahun ini juga mengandalkan aplikasi TikTok karena modal kampanye yang pas-pasan. Ia hanya mengeluarkan Rp100.000 untuk membeli pemancar wi-fi.

Baca juga Komeng, Sosok Fenomenal yang Bikin Pemilu 2024 Jadi Lebih Uhuy

Kampanye lewat lagu

Kukuh Haryanto yang sehari-hari mengamen lantas memanfaatkan bakat bermusik dalam kampanye. Salah satu lagu buatannya yang trending di TikTok adalah “Yo Ayo Coblos Nomor Empat”.

Siapa sangka cara Kukuh memperkenalkan diri sebagai seorang caleg pengamen mendapatkan sambutan luar biasa dari warganet. Hanya dalam waktu tujuh bulan sebelum pencoblosan, pengikutnya di TikTok sudah mencapai 500 ribu orang.

Representasi seniman

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Wonogiri Wawan Haryono menyebut Kukuh Haryanto sebagai representasi dari seniman di Wonogiri. Menurutnya, Kukuh punya karakter dan cita-cita yang kuat.

Sementara itu, pengamat politik Wonogiri Bambang Tetuko berpendapat bahwa Kukuh Haryanto adalah sebuah fenomena. Dengan profil dan modal sangat sederhana, Kukuh cukup berhasil mendapatkan sorotan.


Baca juga Profil Djumono, Satu-satunya Caleg Difabel yang Jadi Saingan Komeng

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini